Sukses

Keputihan dan Penggunaan KB IUD

28 Apr 2017, 09:40 WIB
Pria, 21 tahun.

selamat siang dok, saya ingin bertanya beberapa hal dalam satu pokok bahasan, mohon dijawab. 1. apakah keputihan memiliki pengaruh terhadap KB IUD/AKDR? 2. apakah hubungan antara KB IUD/AKDR dengan keputihan? 3. apakah keputihan berpengaruh terhadap efektivitas KB IUD/AKDR? 4. mengapa keputihan bukan merupakan kontraindikasi KB IUD? mengapa demikian? terima kasih banyak atas jawaban yang telah diberikan, semoga bermanfaat bagi keilmuan saya.

Terima kasih telah bertanya tentang hubungan antara keputihan dan penggunaan KB IUD menggunakan Fitur tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Efek samping dari metode kontrasepsi IUD (spiral) adalah nyeri, perdarahan dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Jarang sekali menyebabkan keputihan, meskipun dapat saja terjadi. Apakah Anda saat ini sedang menyusui? Bagaimana siklus haid Anda selama ini?

Keputihan (fluor albus) adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Sedangkan yang tidak diperbolehkan untuk memasang KB IUD adalah:
1. Kehamilan
2. Anatomi uterus yang tidak normal secara signifikan
3. Perdarahan vagina yang tidak dapat dijelaskan penyebabnya
4. Penyakit trofoblastik gestasional dengan tingkat gonadotropin beta-human chorionic yang terus meningkat
5. Infeksi panggul

Demikian penjelasan tentang hubungan antara keputihan dan penggunaan KB IUD yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. 

Sumber: http://www.webmd.com/sex/birth-control/intrauterine-device-iud-for-birth-control

http://www.mdedge.com/jfponline/article/62315/womens-health/what-are-contraindications-iuds

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar