Sukses

Cara Mengatasi Jerawat

25 Apr 2017, 18:04 WIB
Pria, 24 tahun.

Iya mau konsultasi kulit nih saya punya jerawat didagu bawah bibir ada beruntusan seperti jerawat tp tidak sakit,sudah bertahun tahun ngak bisa diobati dengan apa pun,apa kah ini jenis jerawat juga tp kenapa ngak bisa kempis..??

Terima kasih telah bertanya tentang cara mengatasi jerawat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai jerawat pasti sangat mengganggu Anda.

Masalah jerawat memang masalah kesehatan yang susah-susah gampang. Ada berbagai faktor yang saling berkaitan dalam menimbulkan jerawat, sehingga penanganannya biasanya memerlukan waktu lama dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Penyebab pasti jerawat memang belum diketahui, namun ada berbagai faktor yang diketahui berkaitan dengan penyakit ini:

  • Stres
  • Faktor hormonal. Salah satu faktor penting yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah meningkatnya produksi hormon testosteron, yang dimiliki oleh tubuh pria maupun wanita. Hormon testosteron yang terdapat dalam tubuh pria maupun wanita memicu timbulnya jerawat dengan merangsang kelenjar minyak (kelenjar sebasea) untuk memproduksi minyak kulit (sebum) secara berlebihan.
  • Kelenjar minyak yang terlalu aktif
  • Keturunan dari orangtua
  • Bakteri di pori-pori kulit

Sehingga pengobatan jerawat juga perlu memperhatikan faktor-faktor di atas. Jerawat dapat timbul kembali jika faktor-faktor di atas tidak dapat dikontrol dengan baik.

Memang pengobatannya membutuhkan jangka waktu lama dan kesabaran. Pengobatannya juga memang akan menyebabkan kulit menjadi merah dan mengelupas dalam jangka waktu sementara, dalam upaya untuk mengatasi peradangan karena jerawat.

Kami sarankan agar tidak berganti-ganti dokter karena penanganan kulit berjerawat memang membutuhkan waktu yang lama sehingga perlu pemantauan dan kesabaran. Jika berganti-ganti dokter, maka setiap dokter baru biasanya akan memulai pengobatan dari awal lagi. Selain dari obat-obatan luar dan obat-obatan minum, Anda juga perlu memperhatikan diet dan kebersihan wajah. Sebaiknya Anda langsung berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin mengenai jerawat Anda.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai cara mengatasi jerawat. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar