Sukses

Penyebab Kontraksi Palsu Usia Kehamilan Muda

28 Apr 2017, 11:09 WIB
Wanita, 34 tahun.

Saat ini saya lg hamil 6w,tp setiap hr kontraksi hebat kayak mau lahiran.sebelomnya dl pernah begitu waktu usia kandungan 2bln tp akhirnya kuret krn pendarahan hebat.apakah kehamilan yg sekarang akan sama seperti itu jg krn sy periksa ke dokter ktnya ada peradangan pada tuba falopi.apakah janin bisa dipertahanin ato dihrs dikuret.jujur saja ini bukan hamil yg saya inginkan.trimakasih sebelumnya.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter mengenai kontraksi palsu.

Keluhan keram yang ibu rasakan kemungkinan adalah kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi braxton hicks adalah kontraksi otot rahim selama 30-60 detik atau selama 2 menit. Braxton-hiks disebut juga 'latihan kontraksi' karena kontraksi ini akan menyiapkan ibu untuk kontraksi yang sebenarnya. Ibu juga bisa berlatih bernapas ketika kontraksi ini datang. Braxton-hicks umumnya terjadi pada trimester kedua namun lebih umum terjadi pada trimester ketiga. KOntraksi ini tidak berbahaya bagi janin.

Kontraksi braxton-hicks adalah kontraksi yang :
- memiliki intensitas ireguler
- tidak teratur
- tidak dapat dipredikasi
- tidak ritmik
- lebih seperti tidak nyaman dibandingkan sakit
- tidak meningkat baik intensitas maupun frekuensi
- kontraksi ini perlahan-lahan akan menghilang

Kontraksi braxton-hicks diperkirakan berkaitan dengan tonus otot rahim dan aliran darah ke plasenta (ari-ari). Beberapa pakar menyatakan bahwa kontraksi ini tidak berhubungan dengan dilatasi serviks (pelebaran leher rahim) namun berhubungan dengan melunaknya leher rahim. Beberapa pemicu yang dapat menyebabkan kontraksi braxton-hicks adalah :

- pada saat bayi anda sedang aktif
- bila seseorang menyentuh perut anda
- ketika kandung kecing anda penuh
- setelah berhubungan intim
- dehidrasi atau kekurangan cairan

Yang dapat ibu lakukan ketika kontraksi ini terjadi adalah :

rubahlah posisi ibu; berbaringlah bila sebelumnya ibu sedang berdiri atau berjalanlah bila sebelumnya ibu sedang duduk / berbaring
mandi air hangat selama 30 menit / lebih
minumlah segelas air karena kontraksi dapat disebabkan oleh dehidrasi
minum segelas air teh hangat / susu hangat


Apabila dengan melakukan cara-cara di atas keluhan ibu masih belum berkurang, sebaiknya ibu berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan untuk dievaluasi lebih lanjut. Sekian, semoga membantu. 

Terima kasih

(Tim Redaksi Klidokter)

 

0 Komentar

Belum ada komentar