Sukses

Sehat, Boleh Cuci Darah?

24 Apr 2017, 16:25 WIB
Pria, 47 tahun.

bolehkah orang sehat cuci darah, seperti orang sakit gagal ginjal ?

Terima kasih telah bertanya mengenai cuci darah melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Ginjal merupakan sepasang organ di dalam tubuh yang berfungsi di dalam metabolisme racun yang terdapat di dalam darah dan mengeluarkannya via urin. Ginjal sendiri juga berfungsi sebagai absorpsi atau penyerapan beberapa zat dan mineral tertentu dalam tubuh.

Gangguan ginjal atau gagal ginjal kronik tahap akhir (sudah dilakukan cuci darah), berarti kedua ginjal tidak mampu lagi berfungsi sempurna yang mengakibatkan tumpukan hasil sisa metabolisme di dalam tubuh yang dapat menjadi racun bagi tubuh. Untuk mengetahui derajat dari kerusakan ginjal diperlukan pedoman dari hasil lab yaitu melihat dari creatinin dan ureum baru kita dapat menghitung LFG (laju filtrasi glomerulus). Pada gagal ginjal yang tahap akhir memang obatnya hanya dengan cuci darah (hemodialisa) yang diikuti diet yang tepat. Namun bisa juga dilakukan transplnatasi ginjal

Pada orang sehat, ginjal dapat bekerja dengan baik me-metabolisme racun. Sehingga tidak ada gunanya dilakuakn cuci darah. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cuci darah . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar