Sukses

Seputar Hipertensi dan Ejakulasi Dini

24 Apr 2017, 16:15 WIB
Pria, 55 tahun.

saya termasuk hipertensi, sekitar 180/90, bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini, dan obat/jamu apa yg cocok untuk penderita hipertensi

Terima kasih telah bertanya mengenai hipertensi dan ejakulasi dini melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Darah tinggi atau hipertensi dapat dikontrol dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat, seperti pengaturan pola makan dan olahraga. Jika masih belum berhasil, barulah digunakan obat-obatan penurun tekanan darah. Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging, berenang, dan bersepeda. Namun hal tersebut harus dilakukan secara rutin, mninimal 3 kali seminggu, cukup 30-60 menit setiap kalinya.

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi tekanan darah kita. Penelitian-penelitian ilmiah telah membuktikan hal tersebut. National Institutes of Health telah meneliti bahwa konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap penurunan maupun peningkatan tekanan darah. Jauh sebelumnya kita telah mengetahui bahwa diet dengan kadar sodium (garam) yang rendah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lebih jauh lagi, panduan diet yang menspesifikasikan bahan makanan tertentu telah dianjurkan untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Panduan diet tersebut disebut dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension = Panduan Diet Untuk Mengendalikan Hipertensi).

DASH merupakan panduan diet hipertensi yang mencakup makanan-makanan dengan kadar lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total yang rendah serta kaya akan magnesium, kalium, kalsium, protein dan serat. Panduan diet hipertensi DASH menekankan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan susu yang rendah lemak. DASH menganjurkan konsumsi ikan, unggas, produk olahan gandum dan kacang-kacangan. Makanan-makanan seperti daging merah, makanan manis, dan minuman-minuman yang mengandung gula dikurangi.

Dengan mengurangi jumlah asupan sodium (garam) dan menjalankan panduan diet hipertensi DASH diharapkan dapat menurunkan level tekanan darah serta mengontrol perkembangan penyakit hipertensi. Dalam panduan diet hipertensi DASH, kadar sodium (garam) yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari adalah 1500-2400 mg atau 4-6 gram atau 2/3 hingga 1 sendok teh setiap hari dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Jika dengan cara di atas darah tinggi masih belum dapat terkontrol, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat hipertensi yang sesuai dengan keadaannya.

Definisi ejakulasi Dini berdasarkan American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders IV (DSM-IV) berarti ejakulasi berulang atau menetap dengan stimulasi seksual yang minimal, sebelum atau sesaat setelah penetrasi, dan sebelum saat yang diinginkan. Kondisi ini tidak dipengaruhi oleh obat-obatan dan akan mengakibatkan gangguan emosi dan psikis bagi kedua belah pihak.

Sebagian besar kasus ejakulasi dini tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Penelitian menyebutkan bahwa faktor psikologis seperti kecemasan berlebih, depresi, stres, dan rasa bersalah dapat menyebabkan ejakulasi dini. Pada beberapa kasus, gangguan kesehatan seperti gangguan keseimbangan hormonal, penyakit diabetes melitus, gangguan saraf dan pembuluh darah merupakan penyebab dasar dari ejakulasi dini.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa ejakulasi dini diturunkan secara genetik karena ditemukannya gen dengan nama 5-HTTLPR yang bertanggung jawab untuk jumlah dan aktivitas dari serotonin. Serotonin sendiri mengontrol terjadinya ejakulasi pada pria. Pada pria dengan ejakulasi dini, serotonin mereka kurang aktif merangsang otak untuk mengontrol kemampuan ejakulasi. Disarankan anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi mengenai keluhan ini. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai hipertensi dan ejakulasi dini . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar