Sukses

Solusi Wasir

27 Apr 2017, 23:05 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya mau tanya nih, udah 2 minggu ini muncul benjolan di bagian anus saya. Dan setelah saya cari2 di internet, ternyata itu merupakan wasir. Saya sangat terganggu dgn benjolan itu, terkadang rasanya perih. Tolong dong dok, apa sih cara alami buat mengobati benjolan itu dan apa saja makanan yang harus saya hindari. Terimakasih dokter.


Terima kasih telah bertanya tentang benjolan anus menggunakan layanan Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Wasir/ambeien atau dalam bahasa medis disebut hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau dubur/anus. Keadaan ini umumnya ditandai olehadanya benjolan di dubur. Berdasarkan atas asal benjolannya, hemorrhoid dapat dibedakan menjadi hemorrhoid internal dan hemorrhoid eksternal.

Hemorrhoid eksternal dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa, umumnya akan menimbulkan keluhan nyeri, dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang ditimbulkan adalah berupa gatal.

Hemorrhoid interna muncul didalam rektum, biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

Grade I : wasir tidak keluar dari rektum

Grade II : wasir keluar dari rektum saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan

Grade III : wasir keluar saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus didorong kembali dengan tangan

Grade IV : wasir keluar dari rektum namun tidak dapat dimasukkan kembali

Wasir derajat 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, dan perbanyak minum air putih. Jika sudah derajat 3 atau 4 dan sangat mengganggu, maka anda membutuhkan tindakan pembedahan/operasi.

Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan ataupun memperberat hemorrhoid antara lain terlalu banyak duduk, susah buang air besar, proses melahirkan, pembesaran prostat, terlalu sering mengangkat benda berat, dsb. Kesalahan makan juga dapat menyetuskan timbulnya gejala-gejala hemorrhoid, terutama jarang mengonsumsi serat dan kurang asupan cairan.

Penggunaan obat anti-hemorrhoid yang dimasukan lewat dubur bermanfaat untuk mengurangi gejala. Namun jika keluhan tetap berlanjut, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter bedah agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar