Sukses

Pentingnya Jus dan Buah Bagi Kesehatan

27 Apr 2017, 20:48 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok,saya mw tanya. saya itu gk suka sama sayur. apakah berbahaya bagi tubuh..? tapi kalau seperti kentang ada saya konsumsi. atau sayur kalau dibuat sup. saya ada mengkonsumsi. apakah bs mendapatkan vitamin jg.?

Terima kasih telah bertanya tentang pentingnya makan sayuran menggunakan layanan tanya dokter dari klikdokter.

Buah dan sayuran sangatlah penting bagi tubuh. Siapa yang tidak menikmati 1 gelas jus dingin atau jus buah dan sayuran di siang hari yang panas. Rasanya yang manis, warnanya menyala, dan segar pula. Namun berhati-hatilah, sesuatu yang terlihat menarik belum tentu sehat. Meskipun jus kaya akan vitamin, namun kandungan gula yang terdapat di dalamnya dapat menyamai satu batang coklat.

Pilihan jus yang terbaik adalah jus yang berasal dari sayuran. Likopene yang terdapat di dalam jus tomat dapat menurunkan risiko kanker prostat, jus dari buah bit dapat menurunkan tekanan darah. Jus yang berasal dari sayuran mengandung jauh lebih sedikit gula dan lebih sedikit kalori dibandingkat jus buah.

Berhati-hatilah dengan terminasi “juice cocktail, juice-flavored beverage, atau juice drink.”Sebagian besar dari produk ini hanya mengandung sedikit jus asli. Kandungan utama umumnya adalah air dan beberapa tipe gula seperti sirup yang mengandung kadar sukrosa tinggi (sirup jagung). Dalam perbandingan nutrisi, minuman ini hampir sama dengan minuman bersoda, kaya akan gula dan kalori namun rendah nutrisi. Beberapa peneliti mengemukakan bahwa minuman yang kaya akan kandungan gula akan meningkatkan risiko obesitas anak dan beberapa masalah kesehatan lain.

Bagaimana dengan jus buah murni 100% tanpa tambahan pemanis? Jus buah murni memang kaya akan berbagai macam vitamin dan antioksidan. Yang menjadi masalah adalah jus buah juga kaya akan kandungan gula dan kalori. Satu gelas jus murni dari apel memiliki kandungan gula sama seperti candy-bars. Karena itu para ahli menyarankan untuk mengonsumsi jus hanya 1 gelas per hari.

Sekian, semoga tips yang kami berikan dapat membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar