Sukses

Pasca Operasi Kedua Kista Dapat Hamil?

27 Apr 2017, 18:02 WIB
Wanita, 38 tahun.

dok saya ingin bertanya apakah setelah operasi kista ovarium 2 kiri dan kanan sudah tidak bisa hamil? krn setelah operasi sudah tidak haid ? terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar Operasi Kista menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter

Anda mengatakan terdapat riwayat operasi kista ovarium, apakah kemudian indung telur (ovarium) anda diangkat? Pada salah satu bagian atau keduanya?

Kista memang dapat menganggu kehamilan, namun jika sudah dioperasi dan menurut dokter kandungan Anda keadaan ovarium dan kandungan Anda baik, maka Anda tidak perlu khawatir.

Namun, pada penderita kista ovarium pasca dilakukan tindakan SOB atau pengangkatan kista unilateral (sebelah), maka masih terdapat kemungkinan untuk memiliki keturunan selama kondisi ovarium lainnya masih dalam keadaaan sehat dan dapat menghasilkan sel telur yang normal. Namun, jika telah dilakukan penggangkatan kedua ovarium (SOB Bilateral) maka kemungkinan mempunyai keturunan secara normal sangatlah sulit hingga nol. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan jika anda ingin memiliki keturunan adalah dengan program bayi tabung. Namun karena jika kedua ovarium telah diangkat maka tidak ada lagiyang menghasilkan sel telur, maka sel telur yang digunaakan dalam program bayi tabung tersebut diambil dari pendonor sel telur.

Kami sarankan Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda sebelumnya terkait kehamilan dan kondisi kandungan anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar