Sukses

Benjolan di Labia Minora

27 Apr 2017, 17:40 WIB
Wanita, 220 tahun.

Dok saya mau beratnya ini sodara saya ada benjolan di labia minora sebelah kiri, benjolan sudah ada sejak dua bulan ke belakang kalau mau haid mengecil tapi kalau sudah haid membesar lagi. Dari adanya benjolan ini haid jadi teratur .. kadang terasa sakit kadang juga engga .. apakah ini berbahaya ? Trs kalau boleh buat obatnya apa ya dok ?

Terimakasih telah bertanya seputar Benjolan Labia Minora menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Dalam dunia medis, semua benjolan disebut tumor. Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin

Nampaknya yang saudara Anda alami mungkin saja Kista Bartholin atau Bartholinitis yang memang dapat mengempis sendiri. Namun kesimpulan tersebut tidak dapat dipastikan tanpa pemeriksaan pada saat itu.

 Kista bartholin umum terjadi pada wanita usia 20-29 tahun terutama mereka yang belum pernah hamil atau baru hamil sekali. Kista tersebut tidak berbahaya namun dapat menyebabkan nyeri dan membuat jalan menjadi lebih sulit karena dapat terus membesar hingga ukurannya menjadi sebesar telur. 

Kelenjar bartholin adalah 2 kelenjar yang berlokasi di kanan dan kiri pada bibir vagina yang berfungsi untuk memproduksi lendir untuk lmembasahi/melumasi vagina.

Jika kelenjar bartholin tersumbat maka akan menyebabkan pembentukan kista yang berisi cairan. Kista ini dapat disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau sumbatan lokal karena lendir vagina. Apabila disebabkan karena infeksi, kista tersebut berubah menjadi abses.

Penanganannya bergantung dari ukuran kista, ada tidaknya infeksi, nyeri atau tidaknya. Kista kecil dapat direndam di air hangat beberapa kali dalam sehari selama 3-4 hari untuk mengurangi nyeri dan agar kista dapat pecah dengan sendirinya. Atau dokter dapat memasang selang kecil / kateter untuk mengeluarkan cairan dari kista. Dikarenakan perlunya penegakan diagnosis yang tepat, maka kami sarankan saudara anda untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

1 Komentar

  • Ade******ranca

    Dokter, kalau ada benjolan ukurannya lebih kecil dari kelereng di atas kanan bagian labia minora / kanan bawah klitoris itu kenapa ya? Sebelum aku lihat aku ngerasa agak perih waktu jalan rasanya ada gatal sedikittt. Itu apa dan bagaimana cara mengobatinya ya dok?