Sukses

Hamil 6 Minggu Tapi Janin Belum Tampak di USG

27 Apr 2017, 15:09 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang dok. Saya mau tanya 4 hari lalu saya terkena batuk kering yang cukup parah. Saya batuk sampai menekan ke perut dan keluar keputihan. Usia kandungan saya 6 minggu. Di hari ke 4 saya flek. Saat saya ke dr kandungan. Saya di usg dan di usg tersebut terlihat kantung saja janin belum terlihat. Saat itu dr mencoba melihat dari dalam kandungan menggunakan alat baru janin terlihat tapi kata dr belum ada detak jantungnya. Dan saya beresiko keguguran karen flek yg di alami sehingga harus istirahat total. Yang saya tanyakan. Selain istirahat total atau bedrest apakah yang harus saya lakukan dok? Agak flek tidak terus terjadi. Dan yg kedua apakah mungkin janin sudah terbentuk tapi tidak berkembang? Dan seberapa besar kemungkinan janin bisa berkembang dan normal? Mohon jawabannya dok

Terima kasih telah bertanya tentang hamil 6 minggu tapi janin belum tampak di USG menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Pertama-tama kami ucapkan selamat atas kehamilan Anda. USG adalah suatu alat pemeriksaan penunjang dalam kehamilan. Keakuratan hasil pemeriksaan USG sangat tergantung kepada mesin USG dan operator yang melakukan pemeriksan USG.

Pemeriksaan USG tidak menggunakan sinar x oleh karena itu usg aman untuk memeriiksa kehamilan. pemeriksaan USG yang dilakukan untuk mengevaluasi kehamilan Anda tidak akan memberikan akibat buruk terhadap janin Anda, meskipun pemeriksaan tersebut dilakukan setiap bulan. Pemeriksaan USG dalam kehamilan sebenarnya dilakukan untuk beberapa tujuan, diantaranya adalah :

Untuk mendiagnosis dan memastikan adanya kehamilan. Biasanya dilakukan pada usia kehamilan sekitar 5 minggu. USG juga ditujukan:

1. untuk melihat lokasi kehamilan (di dalam rahim atau diluar rahim)
2. Untuk mengetahui penyebab terjadinya perdarahan dalam kehamilan
3. Untuk menentukan usia kehamilan dan ukuran janin
4. Untuk mendiagnosis adanya cacat janin
5. Untuk mengetahui letak plasenta
6. Untuk mengetahui adanya kehamilan kembar
7. Untuk memperkirakan jumlah air ketuban

Detak jantung janin sebenarnya sudah dapat terdeteksi melalui pemeriksaan USG transvaginal sejak usia kehamilan 6 minggu. Namun, tidak semua pulsasi janin dalam usia kehamilan 6 minggu sudah dapat terdeteksi. Dengan pemeriksaan USG kehamilan, denyut jantung janin biasanya dapat dideteksi pertama kali saat janin berusia 7-8 minggu, dimana janin sudah lebih mudah dilihat di dalam kantong gestasi, denyut jantung janin sudah dapat terlihat dengan lebih jelas, struktur kepala janin sudah dapat dibedakan dari badan janin dan mungkin gerakan janin pun sudah dapat terdeteksi. Namun, pembentukan jantung yang sempurna biasanya mencapai 6-8 minggu. 

Kami sarankan, Anda jangan terlalu khawatir dan periksakan kembali kandungan Anda kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan melalui pemeriksaan USG ketika usia kehamilan 12 minggu, karena pada waktu itu Anda dapat melihat bentuk janin yang menyerupai manusia sempurna.

 

Demikian informasi tentang hamil 6 minggu tapi janin belum tampak di USG yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar