Sukses

Mengatasi Sakit Maag

27 Apr 2017, 12:12 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, mau tanya. Ini saya sedang sakit maag dan tensi saya juga turun. Sudah ke dokter dan minum obat. Tapi belum sembuh2 juga. Kira2 kenapa ya dok ? Dan apakah buah semangka itu baik untuk sakit maag dan tensi yg rendah ? Terimakasih,

Terima kasih telah bertanya tentang mengatasi sakit maag melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Penyakit maag merupakan ganguan pada lambung dimana terjadi peningkatan asam lambung. Maag atau dalam kedokteran disebut gastritis dapat disebabkan oleh;

  • penggunaan obat-obat NSAIDs, alkohol dalam jangka panjang
  • infeksi Helicobacter pylori
  • refluks cairan pankreas dalam lambung

Pada kondisi normal, permukaan dalam lambung manusia dilapisi oleh semacam mukus atau lendir sehingga terlingdung dari asam lambung yang dihasilkannya. Akibat dari adanya penyebab diatas, menimbulkan luka atau ulkus pada permukaan lambung sehingga terjadi kontak antara asam lambung dan jaringan dibawahnya yang berakhir pada rasa nyeri. Hal ini juga berlaku pada peningkatan asam lambung sehingga lapisan mukus atau lendir lambung tidak lagi mampu menetralisirnya.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah :

  • Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  • Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh.
  • Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari
  • Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja)
  • Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog)
  • Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

Bila keluhan maag kambuh dan nyeri tidak tertahankan, dapat diberikan obat-obatan berupaobat anti-mual serta obat maag, seperti golongan H2 blokcer (contohnya adalah ranitidine), PPI (contohnya adalah omeprazole, atau pantoprazole). Dan bila keluhan ini menetap atau semakin memberat sebaiknya Anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat agar bdapat ditangani dengan terapi yang tepat sesuai dengan kondisi Anda dan menghindari kompilkasi yang tidak diinginkan. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar