Sukses

Buang Air Kecil Terasa Perih

27 Apr 2017, 09:52 WIB
Pria, 20 tahun.

dok saya mau tanya soal buang air kecil knp terasa perih ya??

Teirma kasih telah bertanya tentang penyebab buang air kecil terasa perih melalui fitur Tanya Dokter. 

Nyeri saat buang air kecil yang Anda rasakan dapat disebabkan oleh adanya infeksi, iritasi atau batu yang terjadi pada sepanjang sealuran kencing. Apakah selain perih, Anda juga merasakan tidak lega setelah buang air kecil? Apakah Anda mengalami demam atau sakit pinggang?

  • Infeksi saluran kemih (ISK) umumnya disebabkan oleh bakteri dan terbagi menjadi dua macam;
  • ISK atas: gejala berupa demam, menggigil, nyeri perut, nyeri pinggang, terkadang terasa ingin muntah. Radang / infeksi terdapat pada ginjal.
  • ISK bawah: gejala berupa sakit di perut bagian bawah (di atas tulang kemaluan), kencing sakit terutama pada akhir kencing, anyang-anyangan atau kencing tidak tuntas dan rasa masih ingin kencing lagi, walaupun bila dicoba untuk berkemih tidak ada air kemih yang keluar, sering berkemih, dan demam jika sudah berlanjut. Radang terdapat pada kandung kemih atau saluran kemih.

Apakah ada dari gejaa tersebut yang Anda alami?

Sedangkan bila penyebabnya batu, biasanya akan terjadi nyeri yang sangat saat buang air kecil, adanya darah yang bercampur dengan air seni, dan serpihan pasir.

Untuk memastikan apa penyebabnya, memang diperlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter serta pemeriksaan penunjang berupa urinalisis atau analisis air seni. Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan secara langsung. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar