Sukses

Alergi Susu Sapi, Bolehkan Susu Dicampur?

24 Apr 2017, 16:13 WIB
Wanita, 36 tahun.

Sian dok..ak mo nanya ak punya Nak 2.5 thun dr kecil dia d vonis alergi susu sapi jd kmi beri dia chil kid soya tp sampe sekarang blm bs konsumsi susu sapi klo kita cba langzung reaksi bTuk pilek...tp udah 2 bln ni km cb oplos susu sapi sama soya tl dr produk yg sama chil kid biasa sama soya yg jd pertnyaan apa aman klo susu d oplos begitu klo gk blh mnta solusi yg terbaik dok terima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai alergi susu sapi melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:
1. Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),
2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan
3. Saluran pernapasan (4-25%)

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:
- Sakit perut
- Mual
- Muntah
- Sesak napas atau mengi
- Ruam, bengkak, gatal pada kulit
- Diare
Namun disamping gejala yang umum terjadi diatas, terdapat juga gejala yang munculnya lambat. Gejala batuk pilek jarang merupakan gejala alergi susu sapi. Apakah hal ini sudah dikonfirmasi oleh dokter? Bagaimana jika konsumsi bahanmakanan yang mengandung susu sapi,seperti mentega, krim keju, es krim, yoghurt, roti yang menggunakan susu, sayuran yang dimasak dengan mentega atau krim, permen yang terbuat dari susu, mayones, sereal bersusu, sup krim, susu kocok, hingga puding? Jika tidak timbul reaksi setelah konsumsi makanan tersebut, mungkin bukan alergi susu sapi.

Peluang alergi ini untuk sembuh akan meningkat seiring pertambahan usia anak. Pada tahun pertama, misalnya, peluang sembuh ialah sebesar 45 hingga 55 persen. Pada tahun kedua, peluang itu akan meningkat menjadi 60 hingga 75 persen. Dan pada tahun ketiga, peluang anak untuk sembuh dari alergi susu sapi ialah 90 persen.

Mencampur susu sapi dan susu soya umumnya tidak masalah. Namun hal ini juga perlu disesuaikan dengan keluhan anak anda setelah konsumsi susu campuran tersebut. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai alergi susu sapi . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar