Sukses

Apakah HIV Menular Lewat Ciuman?

25 Apr 2017, 08:44 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya mau tanya... Saya dulu pernah pacaran sama laki2 yg mengidap HIV..tp waktu itu saya gak tau kalo dia sakit HIV..setelah dia meninggal dunia keluarga nya baru ngasih tau saya.. Pertanyaan saya apakah saya bisa terkena virus HIV tersebut??jujur saja saya pernah berciuman sama dia tp saya tidak pernah melakukan hubungan badan. Terima kasih mohon jawaban ya Dok...

Terima kasih telah bertanya tentang penularan HIV lewat ciuman melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Keluhan Anda mengenai pacar anda yang terkena HIV pasti sangat mengganggu Anda.

Penularan HIV dari satu individu ke individu lainnya biasanya melalu transmisi seksual yaitu berhubungan seksual dengan individu yang terinfeksi. Tetapi bukan hanya dengan cara itu saja, ibu yang terinfeksi ke bayi yang dikandung dan penggunaan jarum suntik yang terinfeksi secara bergantian dapat menyebabkan penularan HIV. Sejak seseorang terinfeksi HIV maka virus ini dapat ditemukan dalam berbagai cairan dalam tubuhnya seperti darah dan serum. Cairan yang berpotensi secara epidemiologis menjadi media penularan adalah semen, darah dan cairan vagina.

Seperti cairan tubuh lainnya, pada individu yang terinfeksi HIV maka dalam air liurnya terdapat virus ini, tetapi potensi penularan melalui melalui air liur lebih rendah atau lebih kecil dibandingkan melalui darah atau serum. Terdapat beberapa faktor penghambat dalam air liur yang menyebabkan penurunan infektivitas HIV. Tetapi dengan adanya luka atau peradangan dalam rongga mulut akan memperbesar risiko penularan (terutama bila terjadi pertemuan luka dengan luka) saat Anda ciuman. 

Bila Anda memiliki resiko tetular, untuk memastikannya Anda dapat melakukan pemeriksaan HIV dalam waktu 3 bulan. Bila memang Anda melakukan kontak dengan penderita HIV, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter penyakit dalam terlebih dahulu.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan mengenai penularan HIV lewat ciuman. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar