Sukses

Penggunaan Pil KB

26 Apr 2017, 20:54 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok , saya ikut kb yg 1 bln stelah setahun lebih dan saya ganti pil kb .. Tp tdk saya teruskan , lalu saya haid saya lancar dan 1 bln berikut nya haid lncar dn bersih setelah 6 hr , saya sudah mandi wajib ... Kemudian 2 hr berikutnya seusai hub badan dg suami pagi dan sore nya kluar darah lagi tp gk kncang , dn skrg sdh 5 hari haid kluar kencang ada lendir darah nya sperti haid pd pertama . Bagaimana itu dok . Terima kasih


Terima kasih telah bertanya tentang pneggunaan pil KB menggunakan layanan tanya dokter Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Menstruasi yang tidak teratur memang merupakan salah satu efek samping dari pil KB (bisa lebih jarang ataupun lebih sering). Efek samping lain yang juga dapat ditemukan, antara lain:

Spotting atau keluarnya bercak-bercak darah di luar siklus menstruasi
Rasa nyeri payudara
Sakit kepala
Mual
Rasa kembung
Peningkatan berat badan (jadi harus meningkatkan aktivitas fisik)
Tidak menstruasi (lebih sering pada KB suntik)
Pengembalian kesuburan, dalam hal ini kembalinya menstruasi, setelah penghentian konsumsi pil kontrasepsi ini bervariasi untuk setiap wanita, dalam waktu 3-12 bulan.

Pemilihan metode KB memang sangat individual, karena efek samping yang terjadi dapat berbeda-beda pada masing-masing wanita. Untuk itu, Anda dan pasangan dapat terus mengkonsultasikan hal ini dengan dokter Anda untuk mendapatkan metode KB yang paling sesuai untuk Anda.

Kami sertakan artikel Keluarga Berencana (KB) untuk informasi lengkap Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar