Sukses

Diagnosis Tuberkulosis (TB) Paru

26 Apr 2017, 15:35 WIB
Pria, 19 tahun.

pagi dok, saya ingin bertanya tentang TBC. Saya terkena batuk darah 2 minggu lalu kemudian saya pergi ke dokter dan dokter menyarankan rongten dan cek darah setelah saya cek darah dan rongten saya pergi ke 3 dokter yang berbeda dan hasilnya mengatakan saya terkena TBC. 3 Dokter tersebut menyarankan saya pergi ke puskesmas untuk mendapatkan pengobatan. dan ketika saya pergi ke puskesmas saya dianjurkan cek dahak, dan disuruh kembali 1 minggu kemudian untuk hasilnya, dan saya belum mendapatkan hasilnya setelah 1 minggu tetapi dalam 1 minggu hingga skrng saya tidak merasakan sakit apapun kecuali nyeri di dada dan nafsu makan saya tetap tidak turun.. apakah disini saya bisa dikatakan tidak terkena TBC?

Terimakasih telah bertanya seputar tuberkulosis paru melalui fitur Tanya Dokter.

Penyakit tuberkulosis paru (TB paru) pada orang dewasa, umumnya menimbulkan gejala batuk yang bisa berlangsung lebih dari 2-3 minggu, berdahak dan dapat berdarah. Gejala lain yang juga menyertai yaitu demam yang hilang timbul, sering keringat malam dan penurunan berat badan. Apakah Anda mengalami gejala-gejala tersebut?

Untuk mendiagnosis seseorang mengalami TB paru atau tidak, selain dari gejala yang ada, juga melalui pemeriksaan penunjang sebagai berikut:

  • Pemeriksaan Rontgen Dada
  • Pemeriksaan Dahak SPS (sewaktu pagi sewaktu)
  • Pemeriksaan Darah

Bila hasil pemeriksaan dahak hanya 1 dari 3 yang positif, maka diperlukan foto rontgen dada untuk menunjang diagnosis. Bila 2 dari 3 atau seluruhnya positif, sudah bisa dipastikan mengalami tuberkulosis paru.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar diagnosis tuberkulosis paru. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar