Sukses

Haid Lagi Setelah Lepas KB Suntik 1 Bulan

26 Apr 2017, 15:13 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanyaa.. Sesudah lahiran saya kb suntik 1bulan.. Tpi saya sering migren dan bb selalu naiik.. Badan jg ga enak.. Bullan ini sengaja saya tidak kb, dan ingin berhenti kb .. Tapi ko maalahh keluar darah lagii yaa haidd lagii. ..

Terimakasih telah bertanya seputar haid setelah lepas KB suntik melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Kontrasepsi suntikan yang diberikan setiap bulan mengandung kombinasi turunan hormon progesteron dan estrogen. Umumnya, ketika digunakan, Anda akan haid dan siklusnya teratur. Ketika dilepas, kembalinya kesuburan tiap individu biasanya berlangsung variatif antara 3-12 bulan tergantung lama pemakaian KB suntik tersebut. Dalam proses menuju kembalinya keseimbangan hormon ini dapat mengakibatkan siklus haid memendek, memanjang, perdarahan haid sedikit-sedikit/sebentar-sebentar atau memanjang dan banyak.

Pada kasus Anda, tidak haid pada saat KB suntik dapat terjadi karena Anda masih menyusui secara eksklusif. Dan ketika KB dihentikan, mungkin bersamaan dengan kondisi Anda yang sudah tidak menyusui secara eksklusif sehingga kemudian haid kembali. 

Bila hal ini mengganggu Anda, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dievaluasi apakah memang ini efek samping dari suntik KB saja atau ada hal lain yang mendasari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar haid setelah lepas KB suntik. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar