Sukses

Bisul Bernanah dan Berair Yang Tidak Kunjung Sembuh

26 Apr 2017, 14:44 WIB
Pria, 16 tahun.

Begini dokter kenapa bisul kecil saya tidak pernah sembuh sudah 3 minggu.terus keluar air dan nanah.teman saya dulu dokter.tan saya mau sembuhkan bisul saya dipencet banyak keluar nanahnya tetapi belum sembuh.bagaimana caranya

Terimakasih telah bertanya seputar Bisul Nanah menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sebelumnya ada beberapa pertanyaan yang ingin kami ajukan pada anda:

Dimanakah posisi nanah ini? Seberapa besar ukurannya?

Apakah anda sudah melakukan pembersihan nanah dengan alat bersih dan steril? 

Bisul nanah dalam dunia kedokteran dapat menjelaskan gambaran penyakit kulit yang ternyata memiliki istilah yang berbeda-beda. Beberapa penyakit kulit yang sering disebut bisul nanah adalah pustul, abses, furunkel ataupun karbunkel. Vesikel/gelembung berukuran kecil-diameter kurang dari 0,5 cm- dan berisi nanah biasanya disebut dengan pustul. Namun jika ukurannya lebih luas, terdapat kumpulan nanah, dan batas dengan sekitarnya tidak jelas biasa disebut dengan abses. Definisi furunkel adalah radang folikel rambut dan sekitarnya, sedangkan karbunkel adalah kumpulan furunkel.

Penanganan paling utama adalah dengan mengeluarkan nanah, kemudian setelahnya diberikan antibiotik. Jenis antibiotik ada yang disebut topikal ( dioleskan tepat di daerah luka) dan oral (diminum). Pemberian jenis antibiotik disesuaikan dengan jenis dari bisul nanah tersebut. Terlebih dahulu harus dipastikan dengan pemeriksaan kasat mata diagnosis dari bisul nanah tersebut.Biasanya cukup dengan dioleskan antibiotik topikal saja, terlebih jika tidak disertai dengan demam. Namun jika ukurannya luas dan disertai demam, dapat diberikan antibiotik oral. Jenis antibiotik oral yang Anda konsumsi pun sebaiknya satu jenis saja dalam satu waktu, misalnya amoxicylin saja atau erithromycin saja selama 5 hari. Ichtiyol dapat diberikan pada bisul nanah namun sudah jarang digunakan.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar