Sukses

Untung Rugi Operasi Pemotongan Usus

25 Apr 2017, 21:58 WIB
Pria, 50 tahun.

Selamat pagi dok. Orang tua saya mengalami penyempitan saluran usus karena dari hasil kolonoskopi ada tumor (hasil pemeriksaan CEA 1,1) dan hasil biopsi tidak menunjukkan jaringan ganas. Stenosis di asenden 60 cm suspek infiltrasi tumor DD / Kolitis. Tapi saat ini banyak asites di rongga perut. Dan dokter bedah menyarankan operasi pemotongan usus tetapi menginformasikan kemungkinan tidak bisa dilakukan penyambungan ke dubur. Selain itu kondisi pasien juga fungsi ginjal sudah menurun cretinin 1,9 dan ureum 133. Pertanyaannya apakah tetap perlu dilakukan operasi pemotongan usus.

Terimakasih telah bertanya mengenai operasi pemotongan usus melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi orangtua Anda.

Operasi pemotongan usus (reseksi kolon) pada kasus orangtua Anda dimaksudkan untuk menghilangkan sumbatan usus akibat penekanan tumor. Pada kasus ini, penyambungan ke dubur tidak dimungkinkan oleh karena lokasi tumor di kolon asenden yang cukup jauh dari dubur. Yang dilakukan kemudian adalah kolostomi, yaitu pembuatan lubang di dinding perut yang tersambung dengan usus besar.

Melihat kondisi pasien di mana fungsi ginjal sudah menurun, perlu dipertimbangkan manfaat dan risiko dari reseksi kolon ini. Kalaupun reseksi berhasil, melihat kondisinya, sepertinya pemulihannya akan berlangsung lama. Sebab, 'stres' akibat operasi memiliki dampak terhadap ginjal dan kondisi tubuh pasien secara umum.

Karena keterbatasan kami tidak dapat langsung melihat kondisi pasien, mohon maaf kami tidak dapat memberikan rekomendasi apakah harus dilakukan reseksi kolon pada orangtua Anda. Kami sarankan agar Anda mendiskusikan secara mendalam untung ruginya dengan dokter yang merawat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar operasi pemotongan usus. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar