Sukses

Belum Menstruasi Umur 17 Tahun

26 Apr 2017, 14:36 WIB
Pria, 17 tahun.

dok kenapa di usia 17 th ini saya belum haid dan saya belum punya payudara kenapa dok??

Terimakasih telah bertanya seputar Belum Menstruasi di Usia 17 tahun menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Keluhan Anda adalah belum pernah menstruasi dan usia Anda saat ini adalah 17tahun. Nampaknya Anda mengalami yang disebut dengan amenore primer.

Amenorea primer adalah keadaan belum haid pada wanita usia minimal 16 tahun. Disebut amenorea primer bila sebelumnya tidak pernah mengalami menstruasi. Amenorea primer terjadi pada 0.1 – 2.5% wanita usia reproduksi. Tidak adanya siklus menstruasi menandakan tidak adanya pengeluaran sel telur dan mempengaruhi kesuburan wanita bersangkutan.

Pada amenorea primer, apabila didapatkan adanya perkembangan seksual sekunder maka diperlukan pemeriksaan organ dalam reproduksi (indung telur, rahim, perlekatan dalam rahim) melalui pemeriksaan USG, histerosalpingografi, histeroskopi, dan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Apabila tidak didapatkan tanda-tanda perkembangan seksualitas sekunder maka diperlukan pemeriksaan kadar hormon FSH dan LH.

Penyebab tersering dari amenorea primer adalah:
• 1. Pubertas terlambat
• 2. Kegagalan dari fungsi indung telur
• 3. Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina)
• 4. Gangguan pada susunan saraf pusat
• 5. Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah menstruasi dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal

6. amenorrhea sekunder

Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea <jumlah darah menstruasi sedikit>), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Angka kejadian berkisar antara 1 – 5%

Kami memahami kekhwatiran Anda, namun keadaan ini perlu segera ditangani untuk mengetahui yang menyebabkan amenore primer pada diri Anda. Semakin cepat diketahui maka akan semakin cepat Anda dapat memperoleh penanganan yang diperlukan. Kami sarankan Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan penanganan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar