Sukses

Kencing Nanah berulang

26 Apr 2017, 13:51 WIB
Pria, 24 tahun.

Halo doter. Saya mau tanya kencing nanah saya. Kambuh lagi. Setelah 3 hari habis obat naun tida merasa nyeri kencing saya pun banyak tp sering . Kalo saya beli obat d apotik. Antibiotik apakah akan bisa menyembuh kan dokter?

Terimakasih telah bertanya seputar Kencing Nanah Berulang menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Dalam dunia medis, kencing nanah atau keluar cairan dari kelamin pria dapat disebabkan oleh beberapa kuman. Ada 3 penyebab utama yang perlu diwaspadai.

1. Gonore

Gonore disebabkan oleh kuman Neisseria gonorrheae. Keluhannya adalah:

Kencing nanah,
rasa gatal dan panas di bagian ujung penis,
rasa nyeri pada saat kencing,
terkadang kencing nanah disertai darah,
dan sering kencing.

Antibiotik adalah pengobatan untuk gonore. Pasangan seksual juga harus diperiksa dan diobati sesegera mungkin bila terdiagnosis gonore. Hal ini berlaku untuk pasangan seksual dalam 2 bulan terakhir, atau pasangan seksual terakhir bila selama 2 bulan ini tidak ada aktivitas seksual. Antibiotik yang diberikan dapat berupa suntikan atau obat minum yang diberikan dalam dosis tunggal. Selama pengobatan tidak dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual.

Penyakit ini dapat disembuhkan dan tidak memerlukan rawat inap. Pada Pria, Gonore dapat menyebabkan epididimitis (inflamasi pada saluran pengeluaran sperma) yang dapat menyebabkan infertilitas (kemandulan) jika tidak ditangani dengan baik. Gonore dapat menyebar melalui darah dan sendi. Kondisi ini dapat mengancam jiwa. Sebagai tambahan, penderita Gonore dapat lebih mudah terjangkit HIV.

2. Infeksi Genital Non-Spesifik

Infeksi genital non-spesifik dapat disebabkan oleh banyak kuman, dan 75%nya disebabkan oleh kuman Chlamydia trachomatis. Keluhannya adalah:

Sakit saat kencing,
Sering kencing,
rasa tidak nyaman pada penis,
keluar nanah dari kelamin.

3. Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh kuman Trichomonasvaginalis. Keluhannya adalah:

Sakit kencing,
Banyak kencing,
Keluar nanah dari kelamin.

Bila terdapat keluhan sering kencing, nyeri saat kencing, dan keluarnya cairan baik nanah mau pun tidak, maka sebaiknya segera menghubungi dokter untuk pengobatan yang tepat. Jangan sembarangan minum obat dengan aturan maupun jenis yang tidak tepat. Jangan juga menggunakan cara-cara pengobatan yang tidak sesuai seperti dengan merendam dengan air panas atau menggunakan salep sembarangan. Penanganan yang sembarangan bukannya akan menyembuhkan, melainkan akan membuat kondisi menjadi semakin memberat sehingga malah dapat membuat infeksi semakin menyebar.

Dengan mengunjungi dokter, maka dokter dapat melakukan pemeriksaan dengan pengambilan cairan dan memberikan antibiotik yang sesuai untuk mengobati infeksi yang terjadi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar