Sukses

Benjolan di Vagina

26 Apr 2017, 11:25 WIB
Wanita, 19 tahun.

Saya memiliki benjolan kemerahan di area labia mayor. Saya tidak pernah berhubungan seksual sebelumnya. Benjolan tersebut hanya sakit apabila ada rangsangan saja. Benjolannya berbentuk bulat, relatif kecil, tetapi cukup jelas terlihat

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan di vagina melalui fitur Tanya Dokter.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:

  • Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  • Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  • Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  • Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  • Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin
  • Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan terkait benjolan pada vagina. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar