Sukses

Efek Samping KB IUD

26 Apr 2017, 06:48 WIB
Wanita, 29 tahun.

Pagi dok Sy pakai KB IUD Nova T sjk Sept 2016 (7 bln lalu) stlh melahirkan anak sy yg kedua pd Agustus 2016. Sy mulai mens bln Feb & Maret lalu,semuanya lancar & volumenya lbh byk dr sblm pasang KB. Yg ingin sy tanyakan,bln ini sy agak terlambat haid. Yg hrsnya tgl 19 april mjd tgl 22 april itupun cm keluar flek berlanjut tiap hari smpe skr udah 25 april msh blm keluar banyak hanya sedikit2 saja. Warna darahnya jg coklat kdg merah jg tp hanya sedikit2 keluarnya. Sy merasa pegal2,kaki lemas,kdg perut agak nyeri dibag bwh. Sy testpack kmren tgl 24 hasilnya negatif dok. Ada apa dgn sy ya dok? Makasih sebelumnya

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Flek yang Anda alami dapat disebabkan karena efek samping dari IUD. Secara umum, KB IUD memiliki beberapa efek samping, yaitu:

  • Perubahan siklus haid, haid lebih lama dan banyak, perdarahan antar mensturasi, saat haid lebih sakit
  • Sedikit nyeri dan perdarahan (spotting) terjadi segera setelah pemasangan IUD. Biasanya menghilang dalam 1 - 2 hari
  • Cairan vagina lebih banyak
  • Risiko keputihan lebih besar

Rasa pegal-pegal, kaki lemas, dan keram perut yang Anda alami dapat merupakan efek perubahan hormonal yang terjadi selama menstruasi. Testpack merupakan alat screening yang cukup akurat, dan hasil negatif dapat menunjukkan bahwa Anda tidak megalami kehamilan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA) 

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter. 

0 Komentar

Belum ada komentar