Sukses

Gejala Lambung dan Pusing

25 Apr 2017, 22:32 WIB
Pria, 27 tahun.

Dok saya punya keluhan d asam lambung Yang saya rasain sekarang adalah Pusing sama lemes bangat badan saya.. Pusing ny kaya yang ngebleng...

Terima kasih telah bertanya tentang Asam Lambung dan Pusing menggunakan fitur Tanya Dokter

Gejala maag yang disertai dengan pusing dapat disebabkan oleh kondisi hipoglikemia (kurangnya gula darah < 60 mg/dl). Diagnosis pasti untuk pemeriksaan ini dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan lab gula darah sewaktu pasien.

Selain pusing, biasanya penderita juga mengeluhkan beberapa hal sebagai berikut :

1. Gelisah dan gemetar

2. Mual

3. Lapar

4. Berkeringat

5. Cemas dan bingung

6. Mata kabur, sulit bicara

7. Lemah, mengantuk, sulit berpikir

8. Penurunan kesadaran, kejang, koma, dan hipotermia (suhu badan rendah) pada hipoglikemia berat

 

Awalnya, Anda dapat mengonsumsi obat anti asam lambung yang berisikan antasid untuk meredakan gejala. Antasid merupakan obat untuk menurunkan asam lambung yang bekerja dengan cepat. Antasid biasanya digunakan sebagai terapi akut (saat gejala sedang muncul). Untuk terapi rumatan/maintenance dapat diberikan obat golongan PPIs seperti omeprazole atau lansoprazole. Jika dengan perubahan pola makan dan minum obat bebas tersebut, keluhan tidak berkurang, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah terdapat luka pada lambung Anda.

Selain dengan obat-obatan tersebut, Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti :

Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil

Jangan langsung tidur setelah makan malam

Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya

Hindari stres

Tidur cukup 8 jam/hari Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

 

Selama gejala dapat diatasi dengan perubahan gaya hidup maka perlahan-lahan konsumsi obat-obatan dapat dikurangi, namun bila tanpa obat-obatan gejala kurang dapat dikontrol maka sebaiknya tetap diteruskan. Hal ini diperlukan untuk menetralkan asam lambung karena asam lambung yang terus menerus melukai esofagus (kerongkongan) akan menyebabkan iritasi kronik. Padahal, mukosa esofagus tidak dirancang untuk tahan terhadap asam lambung seperti mukosa lambung.

Apabila Anda sering melalaikan jadwal makan karena aktivitas yang padat, ada baiknya Anda mulai merubah gaya hidup tersebut agar tidak terserang maag, gangguan konsentrasi dan stress.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar