Sukses

Hidung Tersumbat dan Post Nasal Drip

25 Apr 2017, 22:18 WIB
Pria, 17 tahun.

Dok saat ini saya berumur 17. Dulu sekitar umur 15 tahun saya prnah terjatuh dan mengenai hidung saya hingga mengalami pendarahan, dan itu prtama kalinya saya mengalami pendarahan hidung. Setelah itu hidung saya tersumbat hingga sekarang, sekitar 2 tahunan. Kadang terdapat lendir diantara pangkal mulut dan hidung, hingga terasa sakit sekali. Saya juga kadang merasa nyeri dikepala belakang, namun tidak terlalu sering. Saya prnah ke dokter THT, namun katanya hanya alergi. Dikasih obat namun tak kunjung sembuh. Mohon bimbingannya, terima kasih

Terimakasih telah bertanya mengenai hidung tersumbat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran atas kondisi ponakan Anda.

Hidung tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai macam hal yang mengiritasi atau menyebabkan peradangan di dalam hidung. Infeksi (common cold/selesma atau sinusitis), alergi (rinitis alergi) dan iritan (asap rokok), dapat menyebabkan hidung tersumbat. Kelainan anatomi seperti septum deviasi maupun adanya polip hidung juga dapat menyebabkan hidung tersumbat terus menerus. Sebagian orang mengalami hidung tersumbat kronik tanpa ada sebab yang jelas.

Sedangkan cairan yang keluar dari hidung dan mengalir melalui dinding belakang tenggorokan disebut dengan Post Nasal Drip (PND). Cairan ini seriing muncul pada penderita pilek kronik (rhinitis kronik). Rhinitis yang kronik bisa berasal dari alergi (rhinitis alergi) maupun non-alergi seperti rhinosinusitis.

Ketika Anda berkonsultasi dengan dokter THT, apakah sempat dilakukan nasoendoskopi (pemeriksaan rongga hidung menggunakan kamera)? Bila belum, ada baiknya Anda melakukan second opinion dengan dokter THT lain dan menjalani prosedur ini. Ini untuk melihat apakah ada kelainan anatomi yang mendasari keluhan Anda. Bila tidak ada, kemungkinan memang karena alergi saja. (Baca juga: Menangani Sinusitis Akibat Alergi)

Demikian informasi yang dapat disampaikan seputar hidung tersumbat. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam sehat,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar