Sukses

Habis Minum Vitamin Hamil, Perut Nyeri dan Mules?

25 Apr 2017, 17:43 WIB
Wanita, 28 tahun.

Maaf dok mau tanya..saya hamil 2bln dok trs ini td minum obat preabor beserta folavit dan licokalk tp hbis minum obt itu bersamaan kenapa tiba2 perut saya nyeri dan mules dok?saya takut terjadi apa2 dengan janin saya...

Terimakasih telah bertanya seputar Vitamin Hamil menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sebelumnya berapa kali sehari anda mengkonsumsi masing-masing obat?

Umumnya masing-masing obat tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bila dikonsumsi dalam dosis yang tepat.

Preabor merupakan sintesis progesteron yang ditujukan untuk memperkuat kandungan dan menhindari keguguran pada kehamilan muda. Efek samping yang bisa ditimbulkan pada obat ini antara lain perubahan libido, perubahan berat badan, rasa mual dan muntah, gangguan pada pencernaan; dalam hal ini diare bisa saja terjadi, kemerahan pada kulit, bengkak pada tungkai, demam, dan tumbuhnya rambut berlebihan pada tubuh. 

Folavit mengandung asam folat yang dibutuhkan dalam kehamilan, untuk membantu produksi sel darah merah, menjaga kesehatan otak, membantu perkembangan janin khususnya mencegah terjadinya defek sumsum tulang belakang (spina bifida) dan mencegah terjadinya defek pada otak janin (anencephaly). Efek samping yang dapat ditimbulkan dengan mengkonsumsi obat ini adalah mual, kembung, gangguan tidur, rasa tidak nyaman di lidah, gangguan saraf, dsb.

Dalam kasus anda, ada baiknya mengkonsumsi obat-obatan tersebut dalam jangka waktu yang berbeda, contohnya ada yang dikonsumsi saat pagi hari dan malam hari. 

Bila keluhan dirasa memberat dan sangat mengganggu, kami sarankan untuk ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar