Sukses

Sembuhkan Daging Tumbuh Di Leher

25 Apr 2017, 17:25 WIB
Pria, 17 tahun.

dok daging tumbuh di leher bisa di obati dengan callusol tidak?

Terimakasih telah bertanya seputar Daging di Leher menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

 

Sebelumnya kami akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk anda

Sudah berapa lama daging ini tumbuh?

Apakah daging ini melekat dengan daging atau menggantung seperti tangkai?

Dimana letak posisi daging ini?

Apakah Anda ada gejala seperti mudah berkeringat, dan penurunan berat badan? Apakah benjolan muncul bila Anda sedang sakit batuk, nyeri menelan?

 

Terdapat banyak kemungkinan yang dapat menyebabkan benjolan pada leher. Jadi sulit bagi kami menjelaskan penyebab pasti keluhan yang Anda rasakan dan penanganannya, jika benjolan di leher tersebut belum dipastikan penyebabnya. 

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab:

1. Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

2. Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

3. Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis

4. Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan

5. Penyebab lainnya

 

Ada pula beberapa jenis daging yang tumbuh diatas kulit, diantaranya :

1. Skin tag.

Skin tag merupakan suatu tumor jinak kulit yang umum dijumpai pada pasien obesitas. Tampilannya berupa tonjolan kecil, lunak dan berwarna seperti warna kulit. Kadang-kadang skin tag disebut dengan nama lain achrocordon, softwart, soft fibroma.

Faktor resiko terjadinya Skin tag adalah iritasi kulit yang sering dan lama biasanya terjadi pada pasien obesitas, ketidakseimbangan hormon seperti pada kehamilan,dan faktor genetik.

Skin tag biasanya hanya akan ditangani bila menimbulkan keluhan kosmetik bagi pasien, atau mengalami iritasi dan kematian jaringan (nekrosis). Tindakan yang dilakukan untuk mengatasi skin tag adalah dengan elektrokauterisasi (bedah listrik), atau dengan laser CO2.

2. Kutil 

Kutil atau dalam istilah kedokteran Veruka adalah pertumbuhan kulit tidak berbahaya yang disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV) tipe tertentu. Permukaannya kasar dengan bintik kecil gelap yang dapat dilihat.

Pilihan terapinya adalah dengan menggunakan salep atau pembedahan. Salep kulit yang biasanya digunakan adalah yang mengandung Asam salisilat yang bersifat keratolitik ( menghancurkan sel-sel kulit). Terapi bedah dalam penatalaksanaan veruka dapat berupa pembakaran, pembekuan, kuretase, dan eksisi. Terapi terpilih adalah pembekuan / cryosurgery karena relatif lebih mudah dilakukan dan hasil penyembuhannya yang lebih cepat.

Kami sarankan agar anda konsultasi ke dokter terdekat untuk memastikan penyebab dari benjolan atau daging tumbuh ini. Bila diperlukan anda akan dirujuk sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter, apakah perlu ke penyakit dalam, bedah umum, ataupun kulit kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar