Sukses

Kulit Terasa Kering Dan Kambuh-kambuhan

25 Apr 2017, 16:35 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat malam dok, kulit saya kadang2 kering, setelah itu sembuh dan kering lagi di bagian telinga sekarang sudah ke leher sedikit, kira2 sakit apa ya dok. Biasanya kalo udh sembuh kambuh lagi yg lebih parah, abis itu sembuh lagi, begitu seterusnya dok, kira2 ada apa yaa?

Terimakasih telah bertanya seputar Kulit Kering menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Sudah berapa lama anda merasakan kulit kering ini? Apakah diikuti dengan tanda iritasi lainnya?

Kulit yang kering sering kali menjadi masalah. Selain secara kosmetika tidak baik, hal ini juga menimbulkan ketidaknyamanan pada penderitanya. 

Kulit kering ditandai dengan masalah kulit berupa kulit berwarna kemerahan, kulit terasa tegang, serta mudah muncul rasa gatal atau perih saat terjadi gesekan ringan maupun saat temperatur udara dingin. Jenis kulit kering mudah sekali terjadi iritasi dan membutuhkan perawatan khusus.

Jenis kulit kering utamanya memiliki ciri-ciri tidak tampak adanya pori-pori pada kulit, namun kulit cenderung kasar, kadang kemerahan, banyak garis kerutan di area wajah saat kulit ditarik, dan mudah tampak debu putih (yang merupakan lepasnya lapisan kulit teratas) saat terjadi goresan pelan pada kulit tersebut.

Saat kulit terpapar oleh faktor yang menyebabkan kekeringan bertambah, maka kulit dapat retak, terkelupas, gatal dan teriritasi.

Berikut cara mengatasi kulit kering yang bisa anda lakukan:

1.Sewaktu mandi, hindari air yang terlalu panas
Air dengan suhu yang terlalu panas akan mengikis minyak pada kulit lebih cepat dibandingkan dengan air dengan temperatur ruangan.

2. Hindari mandi atau berendam terlalu lama
Mandi dan berendam terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering. Batasi waktu mandi Anda 5 - 10 menit saja.

3.Gunakan pelembab sesudah mandi
Kulit yang lembab akan mengunci pelembab lebih lama dan lebih baik dibandingkan dengan kulit yang kering.

4. Gunakan pakaian yang terbuat dari katun maupun serat alami lainnya.
Pakaian dengan bahan wol ataupun serat sintetis akan mengiritasi kulit.

5. Banyak minum air putih
Dengan meminum air putih minimal 7-8 gelas sehari, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi dan kulit yang kering. Perbanyak konumsi air putih terutama jika Anda berada pada ruangan yang berAC.

6. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3
Asam lemak yang esensial akan membantu membentengi minyak alami kulit. Makanan-makanan yang mengandung omega 3: salmon, sarden, biji-bijian, walnut, minyak bunga matahari.

7. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar