Sukses

Lubang Kecil di Sekitar Mata

25 Apr 2017, 16:21 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dok, saya wanita usia 23 tahun ingin menanyakan seputar kesehatan mata saya. Sejak kecil saya merasa berbeda dengan orang lain karena didekat mata saya terdapat lubang kecil (kiri dan kanan). Setelah saya cari informasi di internet ternyata ini adalah fistula lakrimal kongenital. Terkadang mata saya terasa gatal yg amat sangat. Pertanyaan saya, apakah mata gatal ini dikarenakan fistula tersebut? Dan dapatkah dilakukan tindakan medis untuk menghilangkan fistula itu? Karena menurut saya ini mengganggu penampilan saya dokter.. terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang lubang kecil di sekitar mata melalui fitur Tanya Dokter

 

Lubang di sekitar mata yang Anda alami memang dapat merupakan suatu fistula lakrimal atau fistula kelenjar air mata. Kondisi ini merupakan kondisi yang jarang terjadi. Lubang tersebut dapat berasal dari kelenjar nasolakrimal, kantung air mata atau canaliculus.

Pada sebagian besar kasus ini tidak menimbulkan gejala, namun ada juga sebagian yang menunjukan gejala seperti keluarnya cairan atau air mata, hal ini dapat menyebabkan infeksi (fistulitis atau dacryocystitis). Gatal yang Anda keluhkan bisa saja bersumber dari infeksi ini namun harus dipastikan dengan pemeriksaan fisik langsung. Bila terjadi demikian maka diperlukan tindakan operasi eksisi. Bila tidak menimbulkan gejala biasanya dokter hanya akan mengobservasi.

Hal tersebut barulah perkiraan, untuk lebih pastinya kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis mata untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait lubang kecil di sekitar mata. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar