Sukses

Pengobatan Mioma Rahim

25 Apr 2017, 16:00 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok mioma itu bisa hilang dg terapi KB tidak? Makasih.

Terima kasih telahbertanya seputar mioma rahim melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda.

Mioma uteri atau mioma rahim merupakan pertumbuhan jaringan pada rahim dan bersifat jinak. Mioma ini dapat terjadi pada lapisan luar, lapisan tengah, maupun lapisan dalam rahim. Mioma ini juga dapat bervariasi dalam hal jumlah, ada yang bersifat soliter (hanya satu), ada juga yang bersifat multipel (banyak). Mioma rahim cukup sering terjadi pada wanita usia subur.

Berbagai faktor termasuk faktor genetik dan hormonal diduga merupakan penyebab timbulnya mioma ini.

Hingga kini penanganan mioma yang paling utama adalah tindakan pembedahan, baik dengan teknik bedah biasa ataupun dengan laparoskopi. Obat-obatan diberikan untuk meringankan gejala yang mungkin dialami seperti nyeri saat menstruasi dan peningkatan jumlah perdarahan saat menstruasi.

Biasanya, mioma yang berukuran sangat kecil belum perlu diangkat kecuali ada pertimbangan khusus dari dokter misalnya karena menyebabkan keluhan nyeri hebat dan peningkatkan jumlah perdarahan saat menstruasi ataupun mengganggu keseburan.

Karena bersifat jinak, mioma tidak berbahaya. Walaupun demikian mioma memiliki peluang untuk berubah menjadi ganas sekalipun kecil. Pada sebagian wanita, ukuran mioma akan mengecil setelah menopause. Hal ini terjadi karena setelah menopause jumlah kadar hormon reproduksi dalam tubuh wanita menurun.

Mioma dapat mempengaruhi kesuburan pada sebagian wanita, namun pada sebagian wanita lainnya tidak. Mioma juga belum tentu mempengaruhi kehamilan. Hal ini sangat tergantung pada ukuran, jumlah, dan lokasi mioma.

Terkait pertanyaan Anda, mioma rahim tidak dapat diobati dengan KB, apalagi KB hormonal karena itu justru akan memperparah gejalanya. 

Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi kondisi mioma yang dialami dan penanganan yang tepat untuk itu.

Kami sertakan pula artikel berikut untuk menambah informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar mioma rahim. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar