Sukses

Memastikan Rahim Bersih Pasca Keguguran

25 Apr 2017, 06:20 WIB
Pria, 24 tahun.

Permisi dok mau tanya... istri sya ke guguran tpi dia ga mau di kuret apakah berbahaya atau tidak dok? Dan bagaiman cara mengatasinya kalau dia ga mau di kuret dan apa saja yg harus di lakukan? Sya kwatir krna itu msa khamilan prtama istri sya..trimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar kuret melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi istri Anda.

Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret. Apakah istri Anda sudah memeriksakan kandungan Anda ketika keguguran terjadi untuk memastikan tidak ada sisa jaringan lagi?

Keguguran tidak selalu harus dikuret. Bila keguguran terjadi seluruhnya (komplit), umumnya sudah tidak ada sisa jaringan lagi. Sisa jaringan ini dapat menimbulkan perdarahan terus menerus bila masih ada dan tidak dibersihkan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan ada atau tidaknya sisa jaringan ini melalui pemeriksaan USG kebidanan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Kami sarankan agar istri Anda diperiksakan kandungannya ke  dokter untuk memastikan semuanya telah bersih. 

Bila kemudian Anda mencoba untuk memiliki keturunan kembali, dapat membaca tipsnya di sini: Ingin Hamil Setelah Keguguran.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kuret. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter 

0 Komentar

Belum ada komentar