Sukses

Kauterisasi Kutil Kelamin

25 Apr 2017, 06:20 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, apakah cauter kondiloma akuminata akan terasa sakit? Dan berapa menit proses cauter berlangsung? Jujur saja melihat prosesnya membuat saya takut. Mohon infonya dok. Terima kasih

Terimakasih telah bertanya seputar kauterisasi kutil kelamin melalui fitur Tanya Dokter.

Kutil kelamin disebut juga kondiloma akuminata. Penyakit ini merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, sebagian lain terus tumbuh dan membesar. Kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam.

Kutil kelamin dapat diobati dengan beberapa cara, yaitu:

  • Mengoleskan obat-obatan yang mengandung imiquimod, podofilin, asam trikoloroasetat, atau sinacathecin
  • Melalui bedah cryosurgery, laser, elektrokauter atau operasi kecil untuk mengangkat kutil yang berukuran lebih besar

Dengan penanganan yang tepat kutil kelamin dapat sembuh, meskipun sering kambuh. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan.

Prosedur elektrokauter atau kauterisasi merupakan prosedur yang cukup sering dilakukan untuk mengangkat kutil. Prosedur ini biasanya dilakukan di dalam ruang periksa dokter menggunakan anestesi lokal agar tidak nyeri saat pengangkatan berlangsung. 

Waktu pemulihan tergantung lokasi dan jumlah kutil yang diangkat. Setelah prosedur, umumnya akan terjadi nyeri, bengkak dan kemerahan pada lokasi kutil. Penyembuhan yang sempurna terjadi dalam waktu 2-4 minggu, walaupun dapat lebih lama bila lebih luas area yang dikauter. Area yang dikauter dapat menimbulkan bekas berupa jaringan parut.

Prosedur ini biasanya dipilih karena tidak banyak darah yang hilang dan untuk kutil kelamin yang terlokalisasi di area yang kecil. Kutil kelamin juga lebih jarang kambuh dibandingkan dengan obat oles.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kauterisasi kutil kelamin. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar