Sukses

Benjolan di Anus, Ini Sebabnya

25 Apr 2017, 05:06 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat siang Dok, saya mau tanya. Saya punya penyakit seperti benjolan di atas dubur tetapi tepatnya di tengah-tengah. Bisul juga bukan karena tidak ada bentuk nanahnya atau seperti mata. Kira-kira saya mengidap penyakit apa ya Dok yang saya rasakan ini? Soalnya sakit jika dibuat duduk maupun berbaring, buat jalan juga sakit. Jika saya sentuh tidak sakit tetapi kalau ditekan sakit, perih. Mohon dijelaskan apa penyakitnya dan sertakan solusinya sekalian ya Dok. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya tentang benjolan di anus melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda.Benjolan di anus tanpa disertai rasa nyeri sangat mungkin disebabkan oleh penyakit wasir, atau hemoroid secara medis.

Hemoroid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.

Hemoroid dibagi menjadi 2 tipe :

1. Hemoroid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.

2. Hemoroid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes.

Pengobatan benjolan pada anus tergantung dari penyebabnya. Namun bila jelas bahwa benjolan tersebut adalah wasir, maka Anda disarankan untuk mengkonsumsi lebih banyak serat dan air putih agar BAB lebih lancar dan tidak membuat wasir membesar.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang benjolan di anus. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar