Sukses

Penanganan Luka Bakar di Rumah

25 Apr 2017, 00:56 WIB
Wanita, 20 tahun.

Halo, Selamat pagi dokter ☺ Saya ingin bertanya. Kulit mengelupas dan melepuh akibat tersiram air panas. Perawatan akibat tersiram air panas bagaimana dok? Jika perlu obat, obat apa yg cocok utk luka tsb? Brapa lma proses pnyembuhanny? Saya mohon bantuanny dok. Trima ksih ☺

Terima kasih telah bertanya mengenai luka bakar pada ditur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Luka bakar dapat disebabkan oleh air panas, benda panas atau paparan api secara langsung. Berdasarkan derajat keparahan, luka bakar dapat dibedakan menjadi 4 tingkatan sebagai berikut:

Derajat 1
Kulit menjadi kemerahan dan sensitif dengan tampilan kering.
Derajat 2
Kulit menjadi kemerahan, sangat sensitif dan terdapat lentingan di kulit berisi cairan atau tanda-tanda melepuh.
Derajat 3
Mengenai lapisan dermis, tidak terasa nyeri, kulit tidak pucat melainkan putih atau kecoklatan. Bagian yang terpapar luka terasa kaku.
Derajat 4
Mengenai jaringan di bawah kulit, seperti jaringan lemak, otot, dan saraf. Ada kemungkinan bagian tersebut harus diamputasi.

Bagaimana dengan gejala yang Anda alami? Biasanya luka karena air panas berada di derajat 1 atau 2. Berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan segera setelah kejadian:

Bilas kulit yang terkena panas dengan air mengalir hingga tidak terasa nyeri selama 15-30 menit. Diharapkan air dapat menurunkan temperatur panas di dalam kulit dan menghentikan proses pembakaran jaringan serta mencegah kerusakan jaringan yang lebih parah. Jangan gunakan es batu atau air dingin untuk membilas, karena suhu yang terlalu dingin juga dapat memicu kerusakkan jaringan
Lepaskan perhiasan yang digunakan supaya bila kulit yang terkena panas tersebut membengkak atau melepuh
Cuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci luka. Jangan menyentuh lentingan yang sudah pecah agar terhindar dari infeksi. Jangan pecahkan lentingan yang belum pecah.
Bersihkan luka dengan cairan antiseptic dan berikan salep antibiotik pada kulit yang terluka.
Hindari aplikasi mentega, pasta gigi atau zat iritan lainnya yang dapat memperparah kondisi luka.
Jadi hindari memencet atau memecahkan lentingan/gelembung yang timbul agar tidak terjadi infeksi.

Kami sarankan Anda untuk kontrol kepada dokter atau pusat kesehatan terdekat agar Anda dapat memperoleh pengananan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai luka bakar, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar