Sukses

Tumor Mammae Saat Kehamilan

24 Apr 2017, 16:32 WIB
Pria, 28 tahun.

Mlm dok aq rini aq mau tnya saat aq hamil 5bulan tiba" tumbuh benjolan sebelah kiri dan cepat membesar nya dan rasa nya tuh nyeri bngt aq berobat hnya dpt parsetamol aj tp mendingan c' berkurang rasa skt nya hasil dr usg pd kt nya aq kena tumor mamae..dok yg aq mau tnya kan bisa tidak aq menyusui dngan yg sebelah kanan donk berbahaya tidak buat bayi qu nti.?trima ksh donk..😊

Terima kasih telah bertanya mengenai tumor mammae saat kehamilan melalui fitur Tanya Dokter
Halo,

Benjolan (tumor) pada payudara terbagi 2, tumor jinak dan tumor ganas. Benjolan yang hilang timbul terutama ada di saat menstruasi merupakan benjolan jinak yang umum terjadi pada wanita disebabkan oleh perubahan siklus hormonal.

Pada usia muda, benjolan yang paling sering terjadi adalah fibroadenoma atau sering dikenal dengan Fibroadenoma Mamma (FAM). FAM merupakan tumor jinak yang paling sering terjadi pada payudara wanita. FAM biasanya terjadi pada wanita muda atau remaja. Sebelum usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita.

Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali keluarga Anda memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara. Untuk memeriksa benjolan tersebut dapat dilakukan pemeriksaan mammografi atau USG. Apabila masih belum jelas, maka pemeriksaan biopsi pada benjolan payudara dapat dilakukan untuk mengetahui apakah jenis benjolan tersebut dan apakah benjolan tersebut jinak atau ganas. Jika jinak umumnya tidak masalah untuk menyusui. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai tumor mammae saat kehamilan . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar