Sukses

Apakah Saya Benar-Benar Hamil?

24 Apr 2017, 17:40 WIB
Pria, 21 tahun.

Dokk saya skrg menderita penyakit TB paru2 , saya sudah meminum obat slama 1 bulan 11 hari tpi kemarin saya testpack kok hasilnya positiv yah dokk ?? Saya canggung apakah hasilnya krna pengaruh minum obat tb atw mmg hamil yah dokk ??

Terimakasih telah bertanya seputar tanda kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Tanda-tanda kehamilan pada seorang wanita mencakup terlambat menstruasi, payudara membesar, diikuti oleh gejala mudah capai, sering berkemih, mual-muntah, peka terhadap aroma, dan sebagainya.

Namun, tanda dan gejala tersebut tidak akurat sehingga diperlukan pemeriksaan tes kehamilan untuk memastikan apakah seseorang hamil.


Prinsip pemeriksaan tes kehamilan adalah mengukur kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) yang meningkat pada saat kehamilan. Ada 2 macam cara untuk mengukur hormon hCG tersebut yaitu melalui tes urin (test pack) dan tes darah.

Pemeriksaan ini mudah dilakukan, murah, dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Alat test pack ini pun dapat dibeli di apotek-apotek tanpa menggunakan resep dokter.

Pemeriksaan dapat dilakukan sehari setelah terjadi keterlambatan menstruasi, namun akan memberikan hasil paling akurat bila setelah seminggu menstruasi terlambat. Pemeriksaan ini meningkat sensitivitasnya bila dilakukan pada saat kencing pertama di pagi hari setelah bangun tidur.

Test pack memiliki tingkat keakuratan 97%. Tidak ada pengaruh yang kami ketahui terkait obat-obatan TB dan positif palsu pada kehamilan. Silahkan anda pastikan kehamilan anda dengan kontrol ke Spesialis Kandungan, diagnosis paling tepat terhadap kehamilan adalah dengan UGS Perut melihat apakah sudah terbentuk kantung kehamilan dan apakah janin sudah tervisualisasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar