Sukses

Bayi Saya Hanya Minum ASI saja, Apakah Beratnya Ideal?

24 Apr 2017, 17:26 WIB
Pria, 36 tahun.

siang dok, mau menanyakan anak saya masih 4 bulan berat badannya sekarang 9,1 tinggi badan 62 apakah termasuk ideal dia cuman asi aja

Terimakasih telah bertanya seputar berat badan bayi anda menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Salam saya untuk buah hati Anda dan keluarga.

Menurut pendapat Kami, pertambahan BB bayi bisa dilihat per triwulan. Pada triwulan I, kenaikan BB berkisar 150-250 gram/minggu, triwulan II kenaikannya 500-600 gram/bulan, triwulan III naik 350 – 450 gram/bulan, dan triwulan IV sekitar 250-350 gram/bulan.

Saat ini bayi anda berusia 4 bulan dengan berat 9 kg, hal ini berarti bayi anda termasuk bayi besar. Sedangkan untuk melihat normal-tidaknya BB bayi adalah saat usianya mencapai 6 bulan dan 1 tahun. Di usia 6 bulan, BB bayi harus mencapai 2 kali lipat berat lahir dan menjadi 3 kali lipatnya pada usia 1 tahun. Kurang dari ini, BB nya bisa disebut rendah atau bayi kurus. 

Selain memperhatikan asupan makanannya, perlu Anda perhatikan juga stimulasi pada anak Anda sehingga dapat mencapai tahap-tahap perkembangan sesuai usianya. Perhatikan nafsu makan (minum susu), timbang bayi dengan timbangan yang sama dan pantau terus dalam 1 bulan ini.

Asupan ASI eksklusif sudah benar untuk menjadi pilihan anda di 6 bulan pertama usia anak, selanjutnya mulai dapat diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) sesuai dengan yang terdapat di KMS anda, dan kami sarankan jika anda memiliki pertanyaan lebih jauh, konsultasikan keluhan anda langsung ke Bidan atau Dokter Spesialis Anak Terdekat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar