Sukses

Mencabut Gigi Susu Taring Dapat Membuat Gigi Seri Terpendam Turun

24 Apr 2017, 17:13 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dok, mau tanya masalah gigi anak. Anak saya cewek umur 9 Tahun. Gigi seri atas permanen nya tumbuh 1 buah di dalam rahang/gusi. Dgn posisi tidur menyamping tahu karena sudah di Rontgen. Sedangkan gigi seri lain sdh tumbuh keluar semua. Sisa gigi taring dan lainnya msh gigi susu. Jd nya kelihatan bolong ditengah. Yg bawah gigi seri dan taring dan geraham sebagian sdh tumbuh yg permanen. Melihat situasi demikian. Apakah gigi taring susu hrs kita cabut supaya ada rongga utk gigi nya turun Atau biarin gigi susunya lepas sendiri. Mungkin info. Terima kasih banyak.

Terimakasih telah bertanya tentang mencabut gigi susu taring dapat membuat gigi seri terpendam turun melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan mengenai urutan tumbuh gigi tetap. 

Tumbuhnya gigi tetap ini akan didahului oleh goyangnya gigi susu yang akan digantikan. Gigi tetap akan tumbuh pertama kali pada usia 6-7 tahun yaitu 2 gigi seri tengah (central incisor) rahang bawah lalu 4 gigi graham (molar 1) pada rahang atas dan bawah. Sedangkan semua gigi graham tetap tidak menggantikan gigi susu manapun sehingga pada saat kemunculannya tidak didahului oleh goyangnya gigi susu.

Gigi tetap akan terus tumbuh sampai pada usia 12-13 tahun dan kemudian pada usia 17-21 tahun akan tumbuh lagi gigi graham bungsu (molar 3).

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan bahwa anak anda usia 9 tahun. Maka masih terdapat percampuran antara gigi tetap dan gigi susu namun masih dalam urutan yang normal. Tidak perlu mencabut gigi taring susu karena gigi akan goyang sendiri jika waktunya untuk lepas/tanggal. Mencabut gigi taring susu tidak akan membuat gigi yang terpendam turun. Untuk mengeluarkan gigi seri yang terpendam di dalam tulang rahang kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis gigi anak, karena untuk mengeluarkannya memerlukan tindakan operasi kecil yang dikombinasi dengan prosedur kawat gigi. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai mencabut gigi susu taring dapat membuat gigi seri terpendam turun, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar