Sukses

Bahayakah Bila Gigi Sensitif Dilakukan Scaling

24 Apr 2017, 16:32 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, saya mau scaling gigi,, tapi sebagian gigi saya ada yg sensitif, apakah akan berhaya pada waktu discaling ?

Terimakasih telah bertanya tentang bahayakah bila gigi sensitif dilakukan scaling melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami ingin menjelaskan mengenai Gejala gigi sensitif, antara lain:

- Gigi ngilu saat mengonsumsi makanan panas atau dingin

Salah satu kejadian yang kerap dirasakan oleh penderita gigi sensitif adalah ngilu tajam saat mengonsumsi makanan panas atau dingin. Sebab pada kondisi gigi sensitif, penurunan gusi yang terjadi menyebabkan terbukanya akar gigi. Inilah yang membuat Anda sangat sensitif dan merasa ngilu terhadap rangsangan panas atau dingin.

- Gigi ngilu ketika makan makanan manis

Bagi penderita gigi sensitif, makanan manis –seperti dodol, kurma, kismis, dan sejenisnya– bisa menyebabkan ngilu mendadak. Hal ini diduga akibat perbedaan konsistensi cairan di dalam dan luar pori-pori dentin, yang pada akhirnya menyebabkan perubahan tekanan pada gigi (osmotic).

- Gigi ngilu akibat terpapar udara

Pemilik gigi sensitif biasanya akan menutup mulut rapat- rapat ketika ada hembusan angin di sekitarnya. Pasalnya, saat angin mengenai gigi yang sensitif, maka rasa ngilu yang tidak tertahankan akan terjadi. Para penderita gigi sensitif biasanya juga merasa ngilu berlebihan saat melakukan pembersihan karang gigi di dokter gigi.

Bila anda memiliki gigi sensitif kemungkinan pada saat scaling akan menimbulkan rasa ngilu sesaat, namun tidak membahayakan. Menandakan gigi sensitif tersebut harus diberikan perawatan, berupa penambalan, terapi remineralisasi, perubahan cara merawat gigi dirumah dan lainnya. Gigi sensitif juga tetap membutuhkan pembersihan karang gigi. Jika tidak melakukan pembersihan karang gigi maka pada gigi sensitif akan terjadi komplikasi berupa radang gusi yang menyebabkan gusi berdarah.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai bahayakah bila gigi sensitif dilakukan scaling, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar