Sukses

IgG Panel TORCH Positif pada Bayi

21 Apr 2017, 22:37 WIB
Wanita, 26 tahun.

sya tnggal di nabire, papua dok, anak sya brusia 37 hari jenis klamin laki", BB 3,9kg, saat lahir BB 3,1kg, pnjang 50cm, lahr normal, tetapi saat lahir anak sya mnum air ktuban dan di inkubator slama 2 mnggu analisa dokter ank sya mengidap macrocepaly yg mau sya tanyakn "kemarin anak sya priksa drah TORCH dan hasilnya IgG toxoplasma 139,0 IgM toxoplasma non reactive IgG rubella 39,40 IgM rubella non reactive IgG CMV 13,85 IgM CMV non reactive dan hasil USG kepala anak saya baik dok anak sya tidak mengalami gejala apapun dokter bilang anak sya harus segera di obati sebelum umurnya 3 bln dan obatnya hanya ada di jakarta kira-kira hasil ini bagaimana dok, dan saya harus apa?

Terimakasih telah bertanya seputar infeksi TORCH melalui fitur Tanya Dokter.

Mengenai infeksi TORCH pada bayi, secara umum bila IgM negatif (non reaktif) artinya tidak terdapat infeksi akut (aktif) pada bayi. Hasil IgG yang positif bisa disebabkan oleh infeksi TORCH pada ibu, kemudian IgG dialirkan kepada bayi, namun bayinya sendiri tidak mengalami infeksi aktif (karena IgM non reaktif). 

Namun demikian, karena keterbatasan kami dalam mendiagnosis bayi Anda dan karena dokter anak telah mengatakan adanya makrosefali, kami anjurkan agar bayi ibu segera dibawa untuk pengobatan lebih lanjut. 

Yang ditakutkan dari infeksi TORCH pada bayi adalah gangguan perkembangan otaknya dan yang pertama kali terkena biasanya telinga. Karena itu, perlu segera dievaluasi dan ditangani bila dicurigai ada infeksinya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar