Sukses

BAB Cair pada Anak

19 Apr 2017, 16:19 WIB
Wanita, 31 tahun.

Selamat malam dok, anak saya berusia 19 Bulan, dengan BB 12,1 kg minumnya udah ngga ASI sejak usia 7 Bulan, dan minum susu Bebelac , tapi udah seminggunan ini dia BAB dengan feses yg agak berbusa & cair, ya kadang masih ada yg sedikit padat. Perutnya juga kadang kembung, bunyi dung2nya nyaring. Tp dia ga lemes, & masih aktif seperti biasanya. Kira2 kenapa ya dok? & bagaimana cara mengatasinya. Terima Kasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai BAB cair pada anak melalui fitur Tanya Dokter
Halo ,

Diare pada anak dapat disebabkan oleh berbagai hal. Bisa karena intoleransi susu, atau infeksi virus. Bagiamana persiapan susu formula anak Anda? Apakah botol susu dicuci bersih, dibilas air panas? Jangan biarkan tempat susu formula dan botol susu di sembarang tempat. Diare anak biasanya paling sering disebabkan karena rotavirus yang mengeluarkan toxin sehingga menyebabkan diare. Diare terjadi juga sebagai salah satu mekanisme untuk pengeluaran toxin tersebut dari saluran pencernaan (usus). Dan diare ini akan membaik dengan sendirinya.

Yang perlu diperhatikan selama diare dan muntah-muntah terjadi adalah menjaga agar tidak terjadinya kekurangan cairan dan elektrolit (dehidrasi). Bila anak masih dapat minum maka dapat diberikan cairan elektrolit (oralit), jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus.

Saat ini Anda tidak perlu khawatir, perhatikan saja bagaimana kebutuhan cairan dan elektrolit anak Ibu terpenuhi dan tanyakan, laporkan serta diskusikan dengan dokter anak Anda mengenai perkembangan kondisi anak Anda. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai BAB cair pada anak . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar