Sukses

Mencret setelah Konsumsi Susu Formula, Apakah tidak Cocok?

24 Apr 2017, 08:44 WIB
Pria, 22 tahun.

Siang dok, anak sya usia 23 bulan, baru sebulan ini dia minum susu formula, tp BAB nya cair dan BAB nya 3x Sehari kadang lebih. Sebelumnya wkt dia msh ASI BAB nya Sehari 1x atw dua hari 1x.. apa dia tdak cocok susu formula apa gmna dok?

Terimakasih telah bertanya seputar susu formula menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami sangat memahami kekhawatiran Anda. Banyak kemungkinan yang menyebabkan gangguan pada pencernaan anak Anda, bisa akibat susu yang tidak sesuai maupun infeksi pencernaan. Jika sejak sebelumnya sudah konsumsi susu formula namun tidak ada masalah dengan pencernaannya berarti diare saat ini diakibatkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Kami sarankan agar susu tetap diberikan namun konsentrasinya lebih diencerkan, dan perbanyak konsumsi air putih agar anak tidak mengalami dehidrasi. Jika diare disertai mual dan muntah segeralah bawa buah hati mengunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Jika anak Anda baru saja mengonsumsi susu formula (merek apapun) yang mengandung protein susu sapi dan mengalami keluhan pencernaan seperti di atas, mungkin saja anak Anda memiliki alergi terhadap protein susu sapi. Salah satu cara mendiagnosis alergi susu sapi yang tepat adalah dengan challenge test. Anak akan disuruh untuk berhenti mengkonsumsi susu formula selama kira-kira 1 minggu, dan hanya mengonsumsi ASI dan , kemudian dokter akan menyuruh anak untuk menkonsumsi kembali susu tersebut. Jika timbul reaksi alergi yang sama, maka diagnosis alergi susu sapi dapat ditegakkan.

Apabila seorang anak benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak tersebut menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi adalah dengan menghindari alergen penyebab. Gantilah susu yang dikonsumsi anak tersebut dengan susu lain yang lebih hipoalergenik (HA). Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi yang menetap sampai akhir masa anak-anak. Meskipun demikian, biasanya alergi susu sapi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan matangnya saluran pencernaan bayi (pada usia 2-3 tahun).

Perlu diketahui bahwa bayi baru lahir memiliki frekuensi BAB yang sangat sering karena saluran pencernaannyabelum matang dan akan semakin padat dan frekuensi berkurang seiring bertambahnya usia.

Apakah ibu saat ini masih memberikan susu formula? Jika ya sebaiknya stop dulu untuk melihat efeknya jika memang benar alergi susu sapi maka keluhanakanberkurang.

Kami sarankan Anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis anak yang menangani anak Anda untuk mengevaluasi gejala dan pengobatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar