Sukses

Apakah Mungkin Wasir Namun Tidak Ada Benjolan di Anus?

24 Apr 2017, 07:48 WIB
Pria, 34 tahun.

Saya mengalami sakit susah bab n perut trasa penuh ndak nyaman n bila bab smacam tak tuntas,apakah saya sakit wasir..sbb tanda2 gjala wasir tdk ada sprti benjolan di anus.

Terimakasih telah bertanya seputar wasir menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Mengenai wasir itu sendiri, terdapat dua klasifikasi wasir:

1. Interna. Pada kondisi ini, wasir yang terbentuk berlokasi cukup dalam sehingga penderita tidak mampu melihat atau merasakan pelebaran pembuluh darah yang terjadi.
2. Eksterna. Wasir ini terbentuk dari pembuluh darah yang berlokasi lebih luar dari wasir interna. Saat mengeluarkan tinja, wasir sering timbul keluar sehingga mudah dilihat dan dirasakan penderitanya. Wasir eksterna biasanya menyebabkan penderita sangat tidak nyaman akibat mudahnya pembuluh darah teriritasi dan menimbulkan rasa nyeri.

Untuk menentukan diagnosis wasir, maka dokter akan melakukan serangkaian alur diagnosis yang dimulai dari wawancara. Dalam wawancara, dokter akan menggali keluhan-keluhan yang Anda rasakan.

Selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan fisik, yaitu pemeriksan secara menyeluruh oleh dokter. Detail pemeriksaan yang penting untuk dilakukan meliputi pemeriksaan area anus untuk memastikan penyebab keluhan adalah wasir. Anda mungkin saja diinstruksikan untuk mengedan saat pemeriksaan.

Selain melihat gambaran area anus (mencari benjolan), pemeriksaan juga mungkin disertai tindakan colok dubur (memasukkan jari ke dalam anus untuk memeriksa permukaan dalam anus) untuk kecurigaan wasir interna. Selain itu, pemeriksaan akan dilengkapi pula dengan pencarian adanya tanda-tanda telah terjadinya anemia sebagai komplikasi wasir (terdapat pucat pada konjungtiva mata).

Pemeriksaan penunjang bisa saja dibutuhkan bila hasil pemeriksaan fisik belum memuaskan. Misalnya karena wasir di dalam/ interna, terdapat rencana tindakan operatif pada wasir, maupun untuk mencari kemungkinan lain penyebab perdarahan dari anus (yang paling diwaspadai adalah kondisi kanker usus besar).

Pemeriksaan penunjang tersebut adalah anoskopi, sigmoidoskopi dan kolonoskopi. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasukkan alat yang dilengkapi oleh kamera ke dalam anus, untuk melihat gambaran dalam area usus besar bagian bawah secara jelas dan mendetail.


Berikut adalah gejala-gejala yang umumnya timbul akibat wasir:

Munculnya darah segar menetes dari anus saat buang air besar
Gatal pada anus
Nyeri. Nyeri timbul akibat teriritasinya wasir akibat bergesekan dengan pakaian atau saat duduk. Nyeri hebat juga dapat timbul bila terdapat pembekuan darah pada wasir
Tampak benjolan lembab di area anus yang berwarna merah muda (lebih terang) dari area sekitarnya
Muncul benjolan keluar dari anus pasca buang air besar, benjolan dapat masuk sendiri atau harus didorong terlebih dahulu
Pucat, mudah lemas, tidak mudah konsentrasi, bila telah terjadi komplikasi anemia akibat perdarahan yang berlebihan.

Pada kasus Anda, gejala yang anda sebutkan memang mengarah ke wasir interna, namun untuk mengetahui lebih pasti kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri Anda ke dokter Spesialis Bedah untuk diagnosis pasti dan penanganannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar