Sukses

Diare dan Nyeri Perut Akibat Infeksi

24 Apr 2017, 05:56 WIB
Wanita, 50 tahun.

Halo dokter, ibu saya minggu lalu pergi ke kawinan saudara naik mobil sekitar 30 jam dan makan yg tidak teratur. Akibatnya di hari kedua perut nya sakit panas, muntah dan mencret. Di hari ketiga di rawat di rs, pakai infus, suntik anti nyeri dan anti mual dan tes darah. Hasilnya ibu saya tidak menderita dan malaria negatif. Semenjak muntah dn mencret tidak bs masuk makanan sedikit pun, sehingga perutnya terasa sangat sakit. Hari kelima beliau plg naik pesawat dengan kondisi panas sudah turun dan mencret sdh hilang tapi perut masih sakit kalau di isi dan mual sekali2 masih. Setiap di isi makanan perutnya terasa sakit sekali. Kira2 penyakit ibu saya apa ya dok?, dan apa penanganan selanjutnya?. Terima kasih dok

Terimakasih telah bertanya seputar diare dan nyeri perut melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi ibu Anda.

Yang ibu Anda alami pada awalnya kemungkinan adalah infeksi saluran pencernaan akibat keracunan makanan atau makanan yang terkontaminasi bakteri. Gejalanya ialah diare, sakit perut, mual, muntah hingga demam. Pada saat hari kelima, gejala diare dan demam sudah berkurang namun sakit perut dan mual masih ada. Hal ini dapat terjadi bila terdapat luka di lambung (gastritis) atau terdapat riwayat mag sebelumnya.

Nyeri perut yang terjadi setelah makan apakah di sekitar pusar atau di ulu hati? Bila terjadinya di sekitar ulu hati memang mungkin karena lambung yang masih meradang.

Untuk meredakannya, ibu Anda dapat mengonsumsi pelapis lambung seperti antasid atau sukralfat 30 menit sebelum makan. Dikombinasi dengan obat penurun asam lambung seperti omeprazol atau lansoprazol 1 kali sehari selama 1 minggu. 

Bila keluhan masih juga tidak membaik, sebaiknya ibu dibawa ke dokter. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar diare dan nyeri perut. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar