Sukses

Flu Singapura pada Anak
21 Apr 2017, 23:39 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat malam dok, saya ingin konsultasi mengenai anak saya yg saat ini berusia 18bulan19hari. Dan saat ini di badan tangan dan kaki dia timbul bintik merah seperti tampek, tapi sebelumnya anak saya pernah mengalami seperti itu. Mungkinkah tampek terjadi lebih dari 1 kali dok ? Sebelumnya anak saya demam sampai 39.7 C dok. Tapi tadi pagi panasnya sudah turun. Saya bingung anak saya sudah diberi obat tapi malah di muntahin, jadi ya minum asi saja karena dia juga susah makannya. Saya juga ingin tanya gejala seperti mual atau mau muntah yg terjadi pada anak saya apa karna pengaruh obat atau yg lainnya ya dok ? Terima kasih sebelumnya..

Terimakasih telah bertanya seputar flu singapura melalui fitur Tanya Dokter.

Yang anak Anda alami sepertinya merupakan gejala dari flu singapura. Flu singapura atau HFMD (hand, foot, and mouth disease) ditandai dengan demam mendadak tinggi yang kemudian disertai bintik-bintik kemerahan pada telapak tangan dan kaki. Bintik juga dapat muncul di area bokong, lutut atau siku pada anak yang lebih kecil atau bayi. Pada mulut, bisa muncul sariawan.

Mual dan muntah yang muncul terjadi akibat reaksi peradangan oleh infeksi flu tersebut. Reaksi peradangan memunculkan zat-zat kimia dalam tubuh yang memicu demam, rasa mual hingga muntah. Zat-zat kimia ini juga membuat anak kurang nafsu makan.

Penyakit flu singapura sangat menular dalam arti mudah menular kepada anak lain dan juga ke orang dewasa (walau jarang). Namun, penyakit ini dapat sembuh sendiri.

Untuk saat ini yang perlu diatasi adalah demamnya agar anak tidak mengalami kejang demam dan agar kondisi tubuhnya lebih nyaman sehingga ia mau makan. Obat penurun panas seperti parasetamol sangat aman digunakan, dan bisa diberikan bila panas lebih dari 38.5 derajat. Selengkapnya mengenai pemberian obat penurun panas dapat Anda baca di sini: Anak Demam Haruskah Diberi Obat Penurun Panas?.

Bila kondisi anak Anda tak kunjung membaik dalam 1 minggu, segera periksakan ke dokter anak. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar flu singapura. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar