Sukses

Infeksi Saluran Kemih Setiap Setelah Berhubungan Intim

21 Apr 2017, 23:38 WIB
Pria, 19 tahun.

Dok saya mau bertanya 2 minggu terahir ini setelah saya melakukan hubungan intin sama suami saya selalu anyang anyangan saya berhubungan dengan suami 1 minggu 1x karna suami kerja dan 1 minggu sekali pulangnya na 2 minggu ini setelah berhubungan saya selalu anyang anyangan dan minggu kemarin malah 1 minggu baru sembuh setelah saya minum obat supertetra karna obat apotik gx ngaruj sama sekali dok karna anyang anyang nya sepanjang hari ngga cuma saat buang air kecil saja dan itu rasa nya pegeeelll banget dok vegina nya dan buat badan jadi gx enak dan ini minggu terahir berhubungan lagi .. terus langsung anyang anyangan lagi dok tapi tidak pake lama saya langsung minum supertetra dan langsung sembuh dok itu gimna ya dok solusinya dan obat nya trimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar infeksi saluran kemih melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Yang Anda alami adalah sistitis atau peradangan kandung kemih yang terjadi setiap kali habis berhubungan intim.

Sistitis umumnya disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Gejala yang khas ialah nyeri pada saat buang air kecil (di akhir biasanya), anyang-anyangan (BAK tidak lampias, seperti ada sisa) yang membuat sering BAK, nyeri perut bawah, urin kemerahan (berdarahan), hingga demam. Urin juga dapat menjadi keruh dan berbau menyengat.

Sekitar 50% wanita pernah mengalami paling tidak 1-2 kali sistitis sepanjang hidupnya. Sebagian lainnya mengalami sistitits yang berulang, di mana ini paling sering terjadi pada wanita muda, seksual aktif, dan pada wanita di atas usia 55 tahun.

Sistitis dianggap berulang bila seorang wanita mengalami 2 kali infeksi yang telah dibuktikan melalui pemeriksaan laboratorium dalam waktu 6 bulan, atau mengalami 3 kali infeksi dalam satu tahun.

Yang Anda alami sepertinya tergolong sistitis berulang, yang berhubungan dengan hubungan intim.

Sistitis biasanya terjadi satu atau beberapa hari setelah hubungan intim. Ini bisa disebabkan karena pergerakan saat hubungan intim yang membuat bakteri 'naik' ke arah kandung kemih. Di samping itu, mungkin juga terdapat sedikit kerusakan pada uretra (saluran yang mengeluarkan urin), sehingga bakteri dapat bertahan hidup dan mencapai kandunga kemih. Hal ini lebih mungkin terjadi bila vagina kering saat berhubungan intim. Penggunaan alat kontrasepsi jenis spermisida atau diaftragma juga dapat mengganggu lendir vagina yang bersifat protektif.

Hal-hal berikut dapat mengurangi peluang ANda mengalami sistitits setelah berhubungan intim:

  • Setelah berhubungan intim, segera kosongkan kandung kemih (BAK).
  • Bila vagina terasa kering, gunakan lubrikan selama berhubungan intim.
  • Pilihan lain yaitu dengan meminum antibiotik dosis tunggal 2 jam setelah berhubungan intim.
  • Hindari penggunaan alat kontrasepsi jenis spermisida dan/atau diafragma.

Bila sistitis tetap terjadi sekalipun Anda telah mencoba saran-saran di atas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar infeksi saluran kemih. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar