Sukses

Penyebab Benjolan Leher

21 Apr 2017, 23:38 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok mau tanya. Leher saya ada benjolan kecil. Kalau ditekan sakit. Setiap hari saya habis makan harus minum banyak . Setiap kali saya makan ,tidak minum serasa ada ya tertahan di tenggorokan saya dok. 2 atau 3 thn yg lalu saya pernah mengalami iritasi tenggorokan dok. Habis makan telur atau ayam serasa ada bau busuk. Akhirnya selang beberapa hari setelah kejadian itu. Dari mulut saya keluar benda. Warnanya kuning kehijauan sebesar biji jagung dok. Setelah itu tidak ada bau busuk lagi. Penyakit apa ia dok yg saya derita. Dan solusinya gimana? Terimakasih dok.

Terimakasih telah bertanya seputar benjolan leher melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Benjolan di leher atau tenggorokan paling sering disebabkan oleh salah satu hal berikut:

  • Pembesaran kelenjar getah bening, yang seringkali disebabkan oleh infeksi. Pembesaran akan berkurang dan menghilang dengan sendirinya ketika infeksi telah sembuh.
  • Kista kulit, yaitu benjolan yang berisi cairan, teraba di bawah kulit dan dapat digerakkan. Benjolan ini dapat menghilang sendiri tanpa pengobatan.
  • Kutil kulit.
  • Pembesaran kelenjar tiroid (gondok).

Untuk kondisi yang Anda alami 2-3 tahun yang lalu sepertinya berhubungan dengan abses/infeksi yang terjadi di dalam kerongkongan. Menurut kami, hal tersebut tidak berhubungan dengan benjolan di leher saat ini. kecuali ada keluhan nyeri menelan yang sangat sakit. Nyeri menelan ini juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran nafas biasa.

Kami sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter bila benjolan leher tidak hilang dalam 2 minggu. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar benjolan leher. Semoga bermanfaat. (FA)

Salam,
Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar