Sukses

Penyebab Nyeri saat Berhubungan Intim Pasca Melahirkan

23 Apr 2017, 14:08 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dok,saya mau tanya.sehabis melahirkan anak ke 2 yg beratnya 4,1kg secara normal tnpa dijahit,pdhal saya sudah menyuruh perawat untuk menjahitnya,tpi kata susternya tidak perlu dijahit.jadi,saat saya berhubungan dgn suami,saya selalu merasa kesakitan,terkadang seperti ada yg sobek didalam,terkadang perih di bawah saluran kencing.apakah bisa normal kembali dok bentuk vagina saya?

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Penyembuhan luka robekan jalan lahir (vagina) pada kelahiran normal membutuhkan waktu kurang lebih 6 minggu untuk pemulihan. Rasa sakit akan muncul selama 2 minggu pertama. Selama 4-6 minggu pasca penjahitan ini, tubuh akan menggunakan energi ekstra untuk membangun sel-sel baru dan memperbaiki dirinya. Karena itu, pasien biasanya merasa lelah di waktu-waktu ini.

Robekan pada vagina ada yang memerlukan penjahitan jika robekan besar dan berdarah aktif. Namun jika robekan kecil atau tidak berdarah aktif, maka kadang tidak perlu dilakukan penjahitan. 

Nyeri saat berhubungan intim dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti terdapat infeksi pada vagina, vagina yang cenderung kering pasca melahirkan, ataupun infeksi pada saluran kemih. Selengkapnya Anda dapat baca Hubungan Seksual Setelah Melahirkan.

Jika nyeri tidak berkurang, maka Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Kandungan Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA) 

 

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter 

0 Komentar

Belum ada komentar