Sukses

Menstruasi tidak Teratur Semenjak Berhenti KB?

23 Apr 2017, 11:03 WIB
Pria, 24 tahun.

Dok, mau tanya saya semenjak berhenti KB mentruasinya suka gak teratur gitu,, itu karena apa yaa dok?trus udh hampir 2thun gak kb tapi belum bisa hamil lagi,, kebetulan juga suami udh 3bulan ini sakit, setiap sperma nya keluar selalu terhambat (gak bisa keluar) kalau mau ngeluarin harus kayang orang BAB ngeden gitu baru bisa keluar pas kencing, awal awalnya malan gak bisa kencing, cuma udah sempet kedokter saat itu, dan sekarang udah mendingan cuma keluarnya seperti air dan masih kadang" seperti ada yg masih tersumbat, itu gimana yaa cara penyembuhannya? mohon saran Terima Kasih.

Terimakasih telah bertanya seputar haid tidak teratur dan kehamilan menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kontrasepsi ada beberapa jenis dan setiap masing-masingnya memiliki cara kerja yang berbeda. Kontrasepsi yang paling sering menyebabkan ketidakteraturan menstruasi adalah suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Jika setelah dua tahun berhenti KB anda masih merasakan haid tidak teratur dan belum hamil meskipun sudah melakukan hubungan suami istri di setiap waktu subur anda, saya menyarankan untuk memeriksakan diri anda dan pasangan ke dokter kandungan dan sampaikan maksud anda berdua untuk memprogramkan kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar