Sukses

Berbagai Penyebab Pilek

23 Apr 2017, 09:42 WIB
Pria, 31 tahun.

Tanya dokter Saya pernah baca artikel bahwa influenza berbeda dengan pilek, apakah itu benar? Kalo benar, apakah vaksin influenza efektif juga untuk mencegah pilek? Terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang influenza menggunakan fitur Tanya Dokter dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pilek dapat disebabkan oleh banyak sebab, salah satunya adalah virus influenza. Namun bukan berarti jika Anda divaksinasi influenza maka Anda akan terhindari dari pilek. Pilek juga dapat berhubungan dengan reaksi alergi, dan infeksi bakteri.

Pilek baru muncul 1-3 hari setelah terserang virus influenza. Gejala pada umumnya adalah pasien bersin dan hidung meler. Lendir yang keluar dari hidung berwarna putih dan bisa berubah menjadi kuning kental. Biasanya, gejala tersebut disertai demam dan rasa sakit di seluruh tubuh.

Penyembuhannya hanya istirahat dan meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi obat hanya dilakukan kalau sangat diperlukan. Cukuplah istirahat, konsumsi vitamin, tetap konsumsi asupan makanan dengan gizi yang seimbang, banyak minum dan mengonsumsi buah dan sayuran.

Untuk pertolongan pertama kami menganjurkan Anda untuk mengonsumsi vitamin, dan beristirahat. Jika keluhan berlanjut, kunjungi dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

1 Komentar